Sekot Manado Micler Lakat,SH, MH Tandatangani Kerjasama Bidang Pertanahan Serta Saksikan Pelantikan Panitia Ajudikasi PTSL 2019

Written by  Yayuk Wulur Mar 11, 2019

Manado, Sulutnews.com - Sekretaris Kota Manado Micler Lakat, SH MH berkenan menandatangani Perjanjian Kerjasama Pengsertipikatan Tanah Aset Pemerintah Kota Manado bersama Kepala ATR/BPN Manado Petrick Ekel,A.Ptnh.MSi, Senin (11/3) bertempat di Aula Kantor Walikota Manado.

Acara penandatanganan kerjasama ini disaksikan Unsur Forkopindo Wakapolres Manado AKBP Faizal Fahjud,SIK, Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra Manado Heri Saptono. Sekot Micler Lakat saling berjabat tangan dengan Kepala ATR/BPN Manado Petric Ekel,MSi usai penandatanganan surat perjanjian kerjasama tersebut.

Acara ini diawali dengan Pengambilan Sumpah Dan Janji 83 orang Panitia Ajudikasi Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap atau PTSL 2019 oleh pemuka agama Protestan Katolik Islam Budha dan Hindu. Sumpah dan janji dibacakan Kepala Kantor ATR/BPN Manado. Mereka 83 orang Panitia Ajudikasi PTLS 2019 itu terdiri 25 orang Kepala Kelurahan, Kepala Lingkungan, PPAT/Notaris, magang dan tim surveyor Kadasteral Berlisensi Lelang selaku pelaksana Pengukuran Bidang Tanah dan 60 orang yang bekerja pada unsur ASN dan pegawai pemerintah Non pegawai negeri (PPNPN) Kantor Pertanahan Kota Manado.

Kepala Seksi Pengadaan Tanah ATR/BPN Manado Alfrits Opit dalam laporannya mengatakan pelaksanaan kegiatan berdasarkan:

  1. Intruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2018 tentang percepatan Pendaftaran Tanah Sistematik lengkap di seluruh wilayah Indonesia.
  2. Surat Keputusan Bersama Menteri Agraria Dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi tanggal 22 Mei 2017 tentang biaya persiapan pendaftaran tanah sistematik lengkap.
  3. Peraturan Menteri Agraria Dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional nomor 6 Tahun 2018 tentang pendaftaran tanah sistematik lengkap.
  4. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih.
  5. Keputusan Kepala Kantor Pertanahan Kota Manado Nomor 5.9/Kep-71.71/1/2019 tanggal 7 Januari 2019 tentang susunan panitia ajudikasi dan satuan tugas PTSL di Kecamatan Mapanget, Singkil, Paal 2 dan Bunaken Kepulauan di Kota Manado.

Alfrits Opit menambahkan pada tahun 2019 di Manado ditargetkan pengukuran tanah sebanyak 21.000 bidang tanah didalamnya ditargetkan 17.000 sertipikat. Sedangkan Hak Atas Tanah untuk target PTSL di Sulut pengukuran bidang tanah sebanyak 90.000 bidang tanah didalamnya target diterbitkan sebanyak 78.000 sertipikat. Kesemuanya ini adalah bagian dari target nasional 9.000.000 bidang tanah.

"Adapun lokasi PTSL di Kota Manado meliputi 4 Kecamatan yaitu Mapanget,Singkil,Paal 2 dan Bunaken Kepulauan," ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Pemerintah Kota Manado Micler Lakat, SH MH dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada petugas pelaksana PTSL yang dilantik serta berharap ikut bersama pemerintah meningkatkan pelayanan masyarakat di bidang pertanahan.

Acara diwarnai pula dengan Deklarasi Eksternal Zona Integritas dilakukan dalam rangka Reformasi Birokrasi di lingkungan BPN Manado menuju wilayah bebas dari Korupsi dan wilayah Birokrasi Bersih. (*/Yuk)