Mantan Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol Nana Sujana Dikabarkan Jabat Kapolda Sulut

Written by  Adrianus RP Feb 18, 2021

Manado, SulutNews.com - Koordinator Staf Ahli Kapolri, Irjen. Pol. Drs. Nana Sujana, M.M Kamis, (18/02/2023) di Tunjuk oleh Kapolri Listyo Sigit Prabowo  Untuk menjalankan tugas yang baru sebagai Kapolda Sulut menggantikan Irjen. Pol.  Panca Putra Simanjuntak yang di ketahui mendapat tugas yang baru sebagai Kapolda Sumut.

Sebelumnya pada Pada tanggal 16 November 2020 Jenderal dua bintang lulusan Akpol 1988 ini pernah dicopot oleh mantan Kapolri Jenderal Idham Aziz,  akibat diduga terkait dengan pembiaran kerumunan massa Habib Rizieq di Petamburan, Selain Nana, Kapolda Jawa Barat Rudy Sufahriadi juga dicopot dari jabatannya.

Nana, lulusan Akpol 1988 ini berpengalaman dalam bidang intel. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya.

Berikut profil Kapolda Metro Jaya.

Nana lahir di Cirebon, Jawa Barat pada 26 Maret 1965.

Ia merupakan perwira tinggi lulusan Akademi Kepolisian RI tahun 1988 pada bidang intel.

Sebelumnya, Nana pernah menduduki jabatan diantaranya Kapolresta Solo tahun 2010 yang saat itu Wali Kotanya Jokowi.

Nana Sudjana kemudian digantikan Kombes Listyo Prabowo yang saat ini menjabat Kapolri.

Nana ditarik menjadi Dirintelkam Polda Jateng tahun 2011.

Lalu beralih Analis Utama Tk. I Baintelkam Polri pada tahun 2012 dan Analis Kebijakan Madya bidang Ekonomi Baintelkam Polri pada tahun 2013.

Tiga jabatan terakhirnya sebelum menjabat Kapolda NTB adalah Dirintelkam Polda Jawa Timur pada tahun 2014 dan Kapolda Metro Jaya. (Adrian)