98 Persen Anak Di 275 SD Belajar Di Rumah Melalui Internet

Written by  Yayuk Sep 12, 2020

Manado,Sulutnews.com - 98 Persen Siswa dari 275 Sekolah Dasar (SD) belajar di rumah melalui sistim daring (sekolah online) saat Pandemik Corona di Kota Manado yang berpenduduk 417.483 jiwa.

Daring dapat diartikan sebagai suatu hubungan jarak jauh yang dilakukan antar guru dan siswanya saling tukar informasi melalui alat komputer/ smartphone yang sudah terhubung ke sebuah internet.

Mereka yang belajar di rumah hingga saat ini, yang tidak menggunakan internet hanya 2 persen saja dikarenakan ketiadaan alat komputer dan smarphone serta jaringan internet, demikian ujar Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Manado Triana Almas, SST,MSi, Kamis (10/9).

Mereka bermukim di wilayah perkotaan sedangkan lainnya di kepulauan Manado Tua, Bunaken, Naen, Siladen, Pulau Mantehage, serta 4 kepulauan kecil lainnya,

Selama pandemi COVID-19, peran orang tua sangat penting dalam mendampingi anak belajar supaya ia tetap semangat dan dapat menyerap pelajaran dengan baik.

Meski saat ini sudah mulai menjalani pola hidup new normal orang-orang sudah bisa menjalani aktivitasnya seperti biasa dengan aturan yang baru, meski begitu Mendikbud Dr Nadin Maukari menegaskan belum bisa diterapkan dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Saat berlangsungnya wabah Corona-19, proses belajar mengajar masih harus dilakukan di rumah saja.

Tentang berapa jumlah siswa yang menggunakan fasilitas komputer dan smarphone yang sudah terhubung internet masih dalam penilitian tim ahli dapodik Diknas Manado.

"Total jumlah siswa yang menikmati sekolah daring akan kami umumkan nanti di atas tanggal 16 September," pungkas wanita cantik berkaca mata ini.(*yuk)