GSVL Sosialisasi Manado Fiesta 2017 di Jayapura

Jayapura, Sulutnews.com - Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut terus sosialisasi Manado Fiesta 2017 yang akan digelar pada 02-10 September 2017 nanti.

Setelah kemarin Kota Palu, kini giliran Kota Jayapura, propinsi Papua yang mendapat kehormatan sebagai tempat sosialisasi acara yang baru pertama kali digelar di Sulawesi Utara.

Didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado yang juga sebagai Rektor Unima, Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA, di Kota Jayapura, Propinsi Papua, Sabtu (12/08) malam, Walikota dan tim Sosialisasi Pemkot Manado disambut akrab dan penuh kebersamaan oleh ratusan warga kawanua yang tinggal di Jayapura dibawah komando Ketua Umum K3 Jayapura Drs Johan Kawatu MS.

Walikota GSVL memberi apresasi atas kekompakan warga kawanua di Jayapura serta mengaku kagum dengan kebersamaan yang dibangun warga kawanua dengan pemerintah Kota Jayapura. "Ribuan warga kawanua yang tinggal di Jayapura, selama ini telah menunjukan dedikasi dalam membantu pemerintah membangun Kota Jayapura," ungkap Lumentut.

Apa yang saya rasakan dari Bandara sampai ditempat acara ini, lanjutnya, membuktikan kekompakan warga kawanua yang tinggal di Jayapura ini. "Saya senang warga Jayapura asal Manado yang tinggal disini telah ikut pula memberi kontribusi membantu pemerintah Jayapura. Rata-rata semua yang ada disini adalah para pekerja yang telah bekerja bertahun-tahun," ujar Walikota GSVL seraya mengajak warga kawanua di Jayapura untuk pulang kampung dan menikmati suasana iven Manado Fiesta 2017 yang digelar pada tanggal 2-10 September 2017 mendatang.

Saya ajak warga kawanua disini pulang kampung. Kita ramaikan acara Manado Fiesta 2017, ikut berpengucapan syukur yang kami kemas dalam Thansgiving Kota Manado pada tanggal 10 September, ajak Lumentut.

Sementara itu Walikota Jayapura, DR Drs Benhur Tommy Manu MM yang turut hadir mengungkapkan, bantuan yang diberikan warga kawanua di Jayapura sangat terasa. Bahkan, hubungan antara Pemkot Jayapura dengan warga kawanua sudah terjalin sangat baik.

"Orang-orang Manado yang tinggal dan bekerja di Jayapura ini sangat akrab dengan pemerintah. Terima kasih saya kepada orang Manado yang selama ini telah menjalin hubungan yang sangat baik dengan kami," jelas Walikota Jayapura, yang mengaku pernah study bersama Walikota GSVL di Harvard University, Amerika Serikat.

Dirinya berencana untuk datang ke Manado dan menyaksikan agenda kegiatan-kegiatan dalam Manado Fiesta 2017. "Saya dan pemerintah Kota Jayapura sangat mendukung pelaksanaan Manado Fiesta pada bulan September mendatang. Saya akan berusaha untuk datang ke Manado saat Manado Fiesta," tandasnya.

Kemeriahan acara sosialisasi Manado Fiesta di Jayapura, yang dilaksanakan di gedung Serbaguna GKI Pniel Kotaraja Jayapura, sangat terasa dengan tampilnya tim kesenian dari Manado seperti Tielman Sisters, Tante Melly Pandean serta Medinos Group. Tak ketinggalan, Walikota Jayapura ikut pula menyanyi yang dibalas Walikota GSVL.

Menariknya, disaat jamuan makan malam, rombongan Walikota GSVL dijamu makan secara tradisional oleh warga kawanua dengan makan beralaskan daun pisang dengan menggunakan tangan.

Sebelumnya, setelah tiba di Jayapura, rombongan Walikota GSVL disambut secara meriah oleh pengurus K3 Jayapura di Bandara Sentani Jayapura. Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi pangkalan militer Amerika Serikat yang dipimpin Jenderal Mc Arthur saat Perang Dunia II, serta mengunjungi lokasi pembangunan gedung Walewangko milik K3 Jayapura.

Hadir para pengurus K3 Jayapura yakni Ketua Dewan Pertimbangan K3 Hendrik Dengah, Sekretaris K3 Pdt Hentje Mandolang, Ketua Rukun Motoling Fenny Berty Rindorindo dan sejumlah pengurus lainnya bersama Brigade Manguni Indonesia (BMI) Kota Jayapura, angggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Papua Jefry Kaunang, yang juga Ketua Dewan Pembina Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) Kota Jayapura.

Walikota GSVL sendiri didampingi Ketua Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Kota Manado Pdt Roy Lengkong STh, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Drs Albert Wuysang, Plt Kepala Dinas Pariwissta Dra Lenda Pelealu, Kabag Pemerintahan dan Humas Steven Runtuwene serta Tim Kerja Manado Fiesta lainnya.