Wali Kota ,Buka Festival Masamper Kotamobagu 2019

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Walikota Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, resmi memembuka  kegiatan  pelaksanaan lomba masamper ke-2 se Sulut yang berlangsung di alun alun  Boki Hontinimbang Kotamobagu Jumat (12/7/2019), kegiatan tersebut terkait dengan  menyongsong dan  meriahkan HUT RI ke 74.

 Saat sambuatan dalam acara tersebut,walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong , membeberkan sejarah  hingga terlaksana kegiatan seperti ini  dan sudah menjadi  agenda rutin pemkot    setiapa tahun.

 

”   waktu  di acara tulude, saat itu saya dinobatkan  mama sarani di gereja. Oleh saudara saudara kita umat kristiani  Jadi  jangan heran warga nusa utara saat betemu dimana pun, pasti mereka memanggil saya, mama Ani. Sejak itulah tulude digairahkan di kotamobagu dan pada tahun 2016 perlombaan pertama digereja Katulidan dan saat lomba kami pemerintah tidak ada bergerak meyatu dengan acara tersebut hingga  adzan subuh memisahkan.” Ungkap walikota.

Menurut Walikota, kegiatan ini lebih pada untuk menumbuh kembangkan budaya dan mempererat  dan toleransi, di daerah ini

 ”  Kita harus mempertahankandan lebih  meningkatkan Kotamobagu menjadi daerah paling toleran di Sulut, seperti  yang suda kita raih pada tahun 2017, dimana Kotamobagu dinobatkan daerah paling toleran nomor urut 7 se Sulut,”  harapanya .

Turut hadir  dalam acara tersebut Wakil Walikota Nayodo Kurniawan, unsur forkompimda, Sekot Kotamobagu, pejabat eselon II, Camat, Lurah dan Sangadi serta tokoh nusa utara yang meyaksikan 17 peserta masamper yang datang dari Manado, Bitung, Minut, Minsel, dan Kotamobagu sendirj sebagai tuan rumah