Buka Kegiatan Sosialisasi TPPO, Walikota : Pencegahanya Mulai dari Pengawasan Lingkungan Kita Masing Masing

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Walikota kotamobagu Ir Hj Tatong Bara  membuka langsung  acara Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang di laksanakan di  Aula Rumah Dinas  walikota kotamobagu Senin, (8/7/2019). Acara  tersebut  melibatkan  Sebanyak 500 peserta  yang tersebar di empat Kabupaten/ Kota se BMR .

Kegiatan Sosialisasi tersebut  dihadiri langsung oleh Deputi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Prof dr. Vennetia R Danes, M.S Ph.D, serta  Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Utara.

Prof Danes dalam sambutannya menyampaikan, TPPO adalah modus modus menegakan hokum yang digunakan bagi para pelaku, serta perlindungan dan layanan bagi korban.

 menurutnya Pemilihan Kota Kotamobagu sebagai tempat Sosialisasi TPPO didasarkan pada letak Kota Kotamobagu yang strategis dan berbatasan dengan Provinsi lain

“ ada penilaian di bidang pertumbuhan ekonomi ,Nah,disini cukup baik hingga mencapai  6,63 persen, berada diatas pertumbuhan ekonomi Nasional yaitu 5,02 persen. Oleh sebab itu Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memandang perlu melakukan Sosialisasi TPPO disin,” Ujar  Prof Danes.

Selain itu Prof Danes menyampaikan, hingga saat ini Komitmen Pemerintah Indonesia sangat tinggi dalam pemberantasan TPPO, ini dapat dilihat dari lengkapnya kerangka regulasi dan kebijakan yang ditetapkan

“ Sejak ditetapkannya Undang undang nomor 21 tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdangangan Orang, secara berturut turut Pemerintah Indonesia menerbitkan Peraturan Pelaksanaannya. Selain itu Pemerintah Indonesia juga melakukan serangkaian upaya pencegahan untuk meminimalisir factor factor penyebab terjadinya TPPO yang sangat kompleks, serta  upaya penanganan korban TPPO yang bertujuan memberikan layanan yang dibutuhkan korban serta  penegakan hokumnya bagi pelaku TPPO, ” Jelasnya.

sementara itu  Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara dalam sambutannya mengajak seluruh peserta menyatukan pandangan untuk melindungi kaum perempuan. 

“ Melalui kegiatan  sperti ini tentunya saya berharap ada kesamaan persepsi dari kita semua untuk melindungi kaum perempuan dan anak. Mari kita bergandengan tangan untuk selalu mengawasi lingkungan sekitar kita, sama sama kita melangkah memperkecil  ruang terjadinya kekerasan pada anak termasuk perdagangan orang,” Ucap Tatong.

di ketahuai  hadir  juga dalam acara tersebut,wakil walikota  Nayodo  koerniawan SH  serta  sejumlah SKPD di lingkungan pemkota kotamobagu