Revisi Tiga Ranperda, DPRD Bolmong Gelar Rapat Paripurna

SULUTNEWS,BOLMONG-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melaksanakan rapat paripurna dan mengusulkan tiga Ranperda untuk direvis. tiga ranperda tersebut nantinya  akan dibahas bersama pemerintah daerah melalui rapat paripurna DPRD yang dilaksanakan di gedung DPRD. Senin (18/7/2019)

Adapun alasan untuk dilakukannya revisi dari ketiga Ranperda itu, disebakan penyesuaian terhadap angka nominal retribusi yang ditetapkan. Sebab sudah 9 tahun lalu, dinilai sudah tidak sesuai dengan perkembangan ekonomi dan kebutuhan hukum masyarakat saat ini.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengaku sangat mendukung langkah DPRD terkait dengan perubahan tiga Perda tersebut untuk dibahas bersama.

Menurut Bupati, ketiga Ranperda ini dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, yang telah ditetapkan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah setiap tahun anggaran berjalan.

“Ketiga Ranperda inisiatif DPRD ini sangat tepat untuk kita jadikan sebagai pedoman dan dasar hukum, dalam menetapkan angka nominal,” ungkap Bupati.

Tiga Ranperda tersebut  Raperda tentang retribusi terminal, retribusi parkir di tepi jalan umum, dan Ranperda retribusi terhadap pengujian kendaraan bermotor.

Dengaan disampaikannya ketiga Ranperda inisiatif DPRD selaku pemerintah daerah menyetujui ketiga Ranperda untuk dibahas pada tahap selanjutnya.

Menurut Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, selain membahas terkait revisi tiga Ranperda inisiatif DPRD, phaknya  dan Pemerintah daerah juga akan  mengagendakan penyampaian Ranperda usulan  tentang laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018.

" Laporan pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018 terdiri dari laporan realisasi anggaran, neraca, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.

Rapat paripurna yang dilaksanakan di gedung DPRD tersebut sekaligus meminta dari pihak pemkab  Bolmong atas ketiga ranperda inisiatif DPRD, kemudian dilanjutkan dengan pembicaraan tingkat satu penyampaian rancangan peraturan daerah usulan pemerintah Kabupaten Bolmong, tentang laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018.

 paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling SE, yang didampingi dua Wakil Ketua DPRD yakni Abdul Kadir Mangkat dan Musli Manoppo. Selain itu dihadiri para anggota DPRD, para asisten serta para pimpinan OPD.