Walikota Resmikan Proyek Dana Desa, Desa Kopandakan 1

SULUTNEWS,Kotamobagu-Untuk kesekian kalinya Wali kota Kotamobagu Tatong Bara meresmian sarana prasarana fisik program pembagunan dan pemberdayaan masyarakat desa (P3MD).

Rabu (7/2/2018)  kini,giliran Desa Kopandakan I Kecamatan Kotamobagu Selatan, Tatong

tanda tangan prasasti pembangunan drainase desa di Dusun V senilai Rp,260.917.000 dari Alokasi dana Desa 2017, pembangunan jalan paving blok, drainase plat decker di dusun III dan IV  itu ,senilai Rp 496.946.600 dari alokasi dana desa (ADD) dan pembangunan pagar kantor desa senilai rp 174.435.000.

" P3MD ini harus mampu angkat kesejahtraan masyarakat, " pinta Tatong.

Dijelaskannya,15 Desa di Kotamobagu dengan dana yang sama sesuai wilayah, jumlah penduduk dan tingkat kesulitan daerah akan berlomba majukan desa. Dengan kucuran dana tersebut siapa yang paling sejahtera dan apa saja yang kurang di Desa akan diperbaiki.

" Maksudnya bukan sama nilainya, tapi proposional sesuai komponen diatas,"  urainya.

 Dengan ini desa tidak akan sulit kejar apa yang ada di Keluarahan, karena hampir tingkat pembangunannya sama. Dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) diharapkan akan muncul kesejajaran antara desa dan kelurahan termasuk indiaktor didalamnya.

Program ini bergantung pada Sangadi dan masyarakat untuk kemajuan. Contoh seperti paving blok sepanjang 1 km dan pengerasan, jangan sampai tidak termanfaatkan, juga Pendidikan anak usia dini (PAUD) jangan sampai tidak ada guru dan murid. Begitu pula badan usaha tidak ada aktifitas harus ada aktifitas dan pemanfaatanya.

" Di desa Kopandakan I kebersihan disini luar biasa,jujur kalau lewat bersih di lorong-lorong sebagai pintu masuk Kotamobagu harus bersih terus, " pungkasnya.

M.Tungkagi Sangadi Desa Kopandakan I Kecamatan Kotamobagu Selatan berterima kasih kepada pemerintah Kotamobagu karena selain memperjuangkan DD dan ADD juga ada bantuan lainnya. "Seperti 16 Unit rumah layak huni," kata Tungkagi.(one)