Peringati Hari Autis Sedunia, Siswa PIK-R kunjungi SLB Poyowa Besar II

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU- Memperingati hari autisme sedunia, puluhan siswa yang tergabung dalam kelompok Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R), Selasa (2/4/2019) menggelar sejumlah kegiatan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Besar Poyowa Dua, Kota Kotamobagu.

Menurut Ketua PIK-R Bogani SMA Negeri I Kotamobagu, Namira Panelewen, tujuan mereka datang kesini untuk memotivasi mereka tanpa melihat latar belakang  kekurangan mereka.

“ Dimana, kita siswa siswi yang tergabung dalam organisasi PIK-R dibeberapa sekolah, datang kesini untuk menghibur serta memberikan pelatihan terhadap teman-teman kita yang mengidap autisme,” jelas Namira.

Selain itu kata Namira, kegiatan ini juga berutujuan agar mereka bisa meningkatkan live skil mereka, mengasa keterampilan mereka, serta potensi lainnya yang selama ini belum dikeluarkan mereka.

“Bahkan ada anak autisme tidak pernah bernyanyi selama ini, lewat kagiatan ini itu mereka sudah lakukan,” kata Namira.

Terpisah, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP dan KB) Kotamobagu Aljufri Ngandu, mendukung penuh kegiatan yang dialaksanakan siswa siswi yang tergabung dalam PIK-R ini.

“Organisasi ini sudah kami bentuk di sekolah-sekolah. Salah satu fungsinya yakni memberikan bimbingan konseling sesama mereka di sekolah, karena biasanya mereka dalam menghadapi suatu masalah itu bisa lebih terbuka kepada sesama mereka dibanding curhat kepada orang tua atau guru,” jelasnya.

Lanjutnya, mereka yang berada di organisasi PIK-R ini, sudah mendapatkan pelatihan dari provinsi dan dari pihak PP dan KB Kotamobagu.

“Bahkan mereka bisa menentukan pilihannya sendiri terkait masa depannya mau kemana, tanpa harus memaksakan kemauan orang tua untuk masa depan mereka,” terangnya.