Relawan Jokowi Meminta Gubernur Olly Dondokambey Menugaskan Asisten II Pemprov Sebagai PLt Walikota Kotamobagu.

 SULUTNEWS.com-Kotamobagu- Menjelang perhelatan demokrasi pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu periode 2018-2023, dimana dalam perhelatan demokrasi ini,akan diikuti oleh dua kontestan Petahana yaitu Walikota dan wakil Walikota. Menurut Refly Mokoagow, kondisi ini tentunya memiliki konsekuensi, yaitu Petahana yang mengikuti Pilkada harus mengambil cuti diluar tanggungan kerja. Dalam beberapa hari kedepan.Petahana harus menyerahkan Nota Pengantar Tugas kepada Gubernur,kemudian Gubernur menyerahkan atau menugaskan ke seorang Pelaksana Tugas (PLT) sebagaimana yang diatur dalam Permendagri No. 74/2016.

Lanjut Refly, “tugas dan wewenang PLT Walikota menurut Permendagri No. 74/2016 yaitu: 1. Memimpin pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang ditetapkan bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah; 2. Memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat; 3. Memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota yang definitif serta menjaga netralitas Pegawai Negeri Sipil; 4. Menandatangani Perda tentang APBD dan Perda tentang Organisasi Perangkat Daerah setelah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri; dan 5. Melakukan pengisian dan penggantian pejabat berdasarkan Perda Perangkat Daerah setelah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri” Jelasnya lewat realisnya,selasa (23/1/2018)

Mengingat penting dan strategisnya posisi PLT Walikota untuk mensinkronisasikan program pembangunan pemerintah pusat, provinsi dan Daerah, maka Refly Mokoagow sebagai Wakil Ketua Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Dewan Pimpinan Nasional - Jaringan Nasional Indonesia Baru (DPN-JNIB) yang merupakan sayap politik Jokowi pada Pilpres 2014 yang lalu, meminta kepada Gubernur Sulawesi Utara Bapak Olly Dondokambey untuk menugaskan birokrat yang kualifaid dalam melaksanakan tugas PLT Walikota Kotamobagu. Refly Mokoagow menilai Bapak Ruddy Mokoginta yang saat ini menjabat sebagai Asisten II Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara adalah orang yang tepat untuk ditugaskan sebagai PLT Walikota Kotamobagu. Pak Ruddy Mokoginta selain putra daerah yang paham dengan seluk beluk Kotamobagu, beliau juga merupakan birokrat senior, berpengalaman dan paham dengan arah kebijakan pembangunan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Sulawesi Utara(**)