Wawali Minta, Dispertanak, Kawal Hasil Pertania,Untuk Pemasaranya

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Wakil Walikota (Wawali) Kotamobagu Nayodo Koerniawan mengatakan, proses pemasaran hasil bumi dan pertanian di Kotamobagu harus benar-benar dikawal dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para petani.

" Instansi terkait hal ini, Dinas Pertanian harus benar-benar mengawal proses pertanian mulai dari penanaman hingga pemasaraannya. Bagaimana pertanian memiliki basis yang kuat, kemudian proses pemasaran hasil produksi juga harus dibantu dengan mengarahkan pengelolan melalui Bumdes,” ujar Wawali.

Selain itu, Instansi tersebut juga harus paham wilayah-wilayah penghasil pertanian serta penanganan sampai pada tata pengelolaahan hasil bumi.

" Seperti Desa Sia, apa hasil produksi pertanian disana yang perlu di Kembangkan, begitu juga dengan desa dan wilayah lain yang dinilai menonjol hasil produksi pertaniannya. Nah, itu yang perlu dikembangkan lewat pemetaan itu," terangnya

Sehingga lanjut Wawali, Pemerintah tidak hanya fokus pada pemberian bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada para Petania yang ada.

" Nah itu, pentingnya pendampingan secara benar bagi masyarakat petani sampai pada proses pemasaran, sehingga sasaran dalam miningkatkan produksi pertanian dan kesejahteraan petani dapat benar-benar dirasakan. Serta Pemerintah juga tidak hanya fokus pada pemberian bantuan dan pembentukan kelompok,” pungkasnya(12/3/2019)