Besok PPK,PPS dan PPDP Ikuti -Bimtek

SulutNews,Kotamobagu-Mulai Senin (15/01/18) hingga Selasa (16/01/18) besok KPU Kota Kotamobagu.  Menggelar bimbingan teknis (bimtek) terkait pemutakhiran data pemilih (Mutarlih)
“ Persoalan data pemilih tidak kalah pentingnya dengan tahapan lain, karena itu KPU Kota Kotamobagu akan fokus memberikan bimbingan serta teknis memutakhirkan data pemilih kepada PPK, PPS dan PPDP,” terang  Asep , Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi perencanaan dan data di kantornya, Minggu (14/01/18).
Sebagaimana diketahui, menurut Asep, gelaran pemilihan umum tidak bisa dikatakan berhasil dengan baik,bila rakyat tidak dapat menyalurkan aspirasinya. Untuk menghasilkan pemilihan yang berkualitas, lanjut Asep, KPU Kota Kotamobagu akan melakukan pemutakhiran daftar pemilih dengan langsung mendata setiap warga yang memasuki usia atau wajib pilih ke rumah-rumah.
 “ Dalam melakukan mutarlih KPU Kota Kotamobagu juga akan melakukan pencatatan data pemilih dengan cermat sesuai aturan yang ada. Sehingga output yang akan dihasilkan diharapkan mampu menghasilkan data pemilih yang akurat guna mewujudkan pemilihan yang berkualitas dan berintegritas”

Berbeda dengan pemilihan sebelum-sebelumnya, pada pemutakhiran data pemilih pilkada serentak 2018 kali ini pelaksanaan mutarlih akan dikawal ketat oleh KPU Kota Kotamobagu secara berjanjang; sampai pada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Jadi nanti pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan PPDP mulai tanggal 20 Januari hingga 18 Februari 2018, sebagai awal tahapan muralih, akan dimonitor langsung oleh KPU Kota Kotamobagu bersama PPK dan PPS. Bahkan laporannya dibuat secara berkala di buku kerja. Ini penting agar tidak ada PPDP maupun PPS yang bermalas-malasan dan asal-asalan dalam melaksanakan pekerjaannya,” tegas Sabar
KPU Kota Kotamobagu berharap PPDP sebagai ujung tombak pemutakhiran data pemilih memiliki pengetahuan terkait lingkungan sekitar dan punya kedekatan secara langsung dengan pemilih.

“ Untuk mengukur seberapa jauh dan maksimalnya kerja PPDP maupun PPS, maka perlu ada mekanisme kontrol oleh PPK atau KPU Kota Kotamobagu. Mekanisme kontrol tersebut melalui monitoring dan pemeriksaan secara berkala,” urai  Asep.

Dengan monitoring dan kontrol tersebut, masih kata Asep, diharapkan akan terungkap berbagai permasalahan yang terjadi di lapangan dan segera diatasi saat itu pula.

 “Dengan demikian ke depan nanti pada akhirnya mampu mewujudkan daftar pemilih yang semakin berkualitas, akurat dan mutakhir,” pungkas Asep.(**)