Program Pengetasan Dareah Kumuh kota kotamobagu Segera Ranpung

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Menjelang akhir tahun anggaran 2018, realisasi pengentasan kawasan kumuh di Kotamobagu lewat program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) sudah mencapai 83 persen. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Chelsia Paputungan.

“ Untuk fisiknya di lapangan sudah mencapai 83 persen. Itu terbagi di enam kelurahan yang menjadi fokus pengentasan kawasan kumuh,” beber Chelsia Paputungan, Jumat (16/11/2018).

Capaian realisasi tersebut berdasarkan anggaran revisi daftar isian pelaksana anggaran (DIPA) pertama, yang telah disalurkan ke tiap-tiap kelompok swadaya masyarakat (KSM). “Realisasi anggaran sudah 3 miliar rupiah lebih. Itu yang turun sebelumnya. Dari anggaran yang sudah turun, ada beberapa KSM yang pekerjaannya sudah mencapai 100 persen, 60 persen dan 90 persen,” kata Chelsia.

Ia mengatakan, saat ini tengah menunggu sisa anggaran untuk penyelesaian seluruh program pengentasan kawasan kumuh. “Yang turun pertama itu DIPA reguler 750 juta. Selanjutnya turun DIPA pertama itu ada sekira 2 miliar lebih. Jadi totalnya sudah ada sekira di revisi DIPA pertama 3.130.200.000. Saat ini kita masih menunggu revisi DIPA kedua untuk tahap akhir,” urainya.

Ia berharap, anggaran revisi DIPA kedua untuk program pengentasan kawasan kumuh secepatnya terealisasi. “Mudah-mudahan, inikan sudah masuk pertengahan November tidak lama lagi akhir tahun. Mudah-mudahan secepatnya turun anggaran sisanya,” pungkasnya.