Peringatan HKN ke-54 ,Ini Yang Di Lakukan Dinkes Kotamobagu

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU- Donor darah,sunatan masal dan pelayanan keluarga berencanan secara gratis, di laksanakan oleh   Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kotamobagu  dalam rangka memperingati  Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 bertempat  diKantor Dinkes, Senin (12/11/2018).

Kepala Dinkes Devie Ch Lala mengatakan, peringatan HKN menjadi momentum yang penting untuk mengajak terus masyarakat giat  Gerakan  Hidup Sehat (Germas) untuk semua komponen bangsa di seluruh Indonesia  secara nasional agar dapat melakukan perilaku hidup sehat untuk mencegah berbagai ancaman penyakit.

" Karena pelaksanaan HKN hanya berlangsung satu hari, jadi dari dinas membuka pelayanan gratis itu ada sunatan massal, pelayanan KB dan Donor darah, ada juga pemeriksaan tekanan darah, dan ini akan  akan di buka sampai selesai dan habis pasien," ujar kadis.

Menurutnya, kegiatan tersebut sebelum sudah dilakukan di Tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Kotamobagu Barat, Kecamatan Kotamobagu Timur dan Kecamatan Kotamobagu Utara. Sedangkan untuk hari ini dikhususkan untuk Kotamobagu Selatan.

"Kegiataan ini  sebenarnya diperuntukan untuk Kotamobagu Selatan, Namun karena kita gelar bersamaan dengan peringatan HKN maka ini terbuka untuk siapa saja masyarakat Kotamobagu, dan akhirnya dilaksanakan di dinas kesehatan," tutur Devie.

Dirinya berharap, dengan pelayanan gratis ini masyarakat bisa periksa apa yang selama ini mereka rasakan. "Muda-mudahan mereka senang dengan adanya pelayanan ini. Apalagi inikan gratis. Dan semua apa yang mereka butuhkan ada. Pemeriksaan. Kolestrol, golongan darah, tekanan darah, asam urat, bahkan kalau ada yang berpotensi ada sakit akan diberikan obat gratis," ujarnya.(0ne)