Potensi Gedung Bobakidan Menjadi Simbol Budaya Mongondow di Kota Kotamobagu

SULUTNEWS,KOTAMOBAU-Terletak di antara empat kabupaten pemekaran BMR,Kota Kotamobagu tak hanya dikenal sebagai Kota Model Jasa. Namun, daerah yang bakal menjadi Ibu Kota Calon Provinsi Bolaang Mongondow Raya (BMR) ini juga dikenal sebagai kota pariwisata dan Kebudayaan.

Salah satu bukti  adanya rumah adat Bolaang Mongondow yang terletak di Jln. Brigjen Katamso Kelurahan Kotobangon Kecamatan Kotamobagu Barat.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Periwisata (Disbudpar) Kotamobagu Agung Adaty, Rumah adat bolaang mongondow yang dikenal dengan nama “Bobakidan” ini merupakan salah satu ikon budaya yang ada daerah ini,

“ Rumah adat ini, bisa di jadikan salah satu objek wisata yang merupakan Ikon Kotamobagu,” ujar Agung, Jumat (8/6/2018).

menurutnya, rumah adat Bolmong atau Bobakidan ini sering digunakan sebagai tempat pertunjukan seni dan budaya kotamobagu.

“ Sesuai nama bobakidan, Gedung ini berfungsi sebagai tempat musyawarah bolaang mongondow, Rumah adat ini juga sering digunakan sebagai tempat pertunjukan seni dan budaya Bolaang Mingondow di Kota Kotamobagu,” pungkasnya (*)