Festival Tuntul Kotamobagu 2018 ,Mulia di Nilai

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Hari kedua pelaksanaan festival Tuntul,Tim penilai yang terdiri dari Pemerintah Kota Kotamobagu, dan Panitia Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Kotamobagu serta Pihak Kementerian Agama Kota Kotamobagu , dan  beberapa  awak media, malam ini mulai melakukan penjurian Selasa (12/6/2018).

 Samsul Bahri Tulutugon  selaku ketua tim ini,melakukan memantau langsung   secara keseluruhan   sejumlah Desa dan Kelurahan yang melaksankan malam pasang lampu yang ada di Empat Kecamatan Kota Kotamobagu .

Samsul Bahri Tulutugon mengatakan bahwa, Penilaian ini merupakan secara keseluruhan mulai dari Kecamatan Kotamobagu  Timur, Kotamobagu Utara, Kotamobagu Selatan, dan Kota Kotamobagu Barat.

“ Prioritas Yang akan dinilai adalah akurasi penempatan lampu tradisional serta kombinasi dengan lampu hias mengunakan tenaga listrik, serta kreasi .  Namun yang paling utama yang akan dinilai adalah tingkat partisipasi masyarakat dalam merayakan malam MONUNTUL  . Jelas   Samsul Bahri

 Diketahui MONUNTUL  (Malam pasang lampu) adalah bagian dari tradisi turun temurun warga muslim yang dilaksanakan disaat malam lailatul qadhar di Bulan Suci Ramadhan ,tiga hari jelang Idul Fitri . Dan untuk wilayah Kota Kotamobagu oleh  pemkot diperlombakan  dengan hadia yang  cukup menarik.(**)