Pemkot Kotamobagu, Laksanakan MOU PKS Aplikasi Kasda Online Versi Dua

SULUNEWS,KOTAMOBAGU– Pekot Kota Kotamobagu bersama PT Bank Sulutgo Cabang Kotamobagu, Selasa (05/06/2018), melaksanakan  Launching dan Penandatanganan PKS Aplikasi Kasda Online Versi Dua dalam Rangka Implementasi Gerakan Nasional Non Tunai, di Aula Rumah Dinas (Rudis) Wali Kota.

Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Adnan Masinae, dalam sambutannya mewakili Wali Kota Kotamobagu, Muhammad Rudi Mokoginta, mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu dengan PT Bank Sulutgo Cabang Kotamobagu, dalam rangka peningkatan layanan kepada nasabah khusunya terkait dalam pelayanan Aplikasi Penerapan Non Tunai dalam transaksi.

Menurutnya, kemajuan teknologi informasi yang sangat cepat saat ini, turut berdampak secara siknifikan terhadap perubahan di berbagai bidang termasuk bidang pengelolaan keuangan.

“Salah satu upaya dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pengelolaan keuangan saat ini adalah dengan telah dimulainya sistem transaksi secara non tunai, sebagai amanah dari surat edaran Menteri Dalam Negeri RI, nomor 10/1867/SJ tanggal 17 April 2017 tentang Implementasi Transaski Non Tunai pada Pemerintah Kabupaten/Kota se-Indonesia,” jelas Sekda.

Berdasarkan surat edaran Mendagri RI tersebut, maka sistem pembayaran non tunai yaitu proses pemindahan uang dari satu pihak ke pihak lainnya akan mulai menggunakan instrumen berupa alat pembayaran kartu, cek, bilyet giro, dokumen pemindah bukuan, uang elektronik atau sejenisnya, baik digunakan dengan sistem aplikasi maupun secara manual.

“Dengan mulai diberlakukan pelaksanaan transaksi non tunai tahun 2018 ini, maka seluruh penerimaan maupun pengeluaran yang dilakukunan oleh bendahara wajib dilakukan secara non tunai. Sehingga secara tidak langsung inplementasi transaksi non tunai juga dapat ikut mendorong terwujudnya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, termasuk tertib dalam administrasi pengelolaan kas, serta semakin efektif dalam setiap pelaksanaan kegiatan transaksi pembayaran dan penerimaan,” jelas Sekda lagi.

Sementara itu, Pimpinan Bank Sulutgo Cabang Kotamobagu, Buchari Mokoagow, mengatakan, pihaknya berharap kerjasama dalam pengelolaan keuangan, menata administrasi Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu dengan baik ini akan terus dilakukan antara Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu dan Bank Sulutgo Cabang Kotamobagu.

“Kami mengharapkan dukungan dari para pejabat yang terkait dibidang pengelolan keuangan, agar Bank Sulutgo tetap menjadi bagian dalam pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu. Kegiatan hari ini juga adalah bagian dari tata pengelolaan keuangan dengan baik,” singkatnya.(**)