Noreng Film Asimetris,Walikota Ucap,ini Menjadi pengetahuan baru bagi Masyarakat Kota Kotamobagu

SULUT,NEWS,KOTAMOBAGU-Pjs Walikota Kotamobagu Mohammad Rudi Mokoginta  nonton bareng film Asimetris dan diskusi di kampus Universitas Dumoga Kotamobagu, (UDK),  Jumat (13/4/2018).

Kegiatan Nonton Bareng film Asimetris dan Diskusi ini digagas oleh Aliansi Jurnalis Independent (AJI) Manado bersama kampus UDK Kotamobagu ini, merupakan film dokumenter kesembilan dari Ekspedisi Indonesia Biru yang dilakukan videografer Dandhy Dwi Laksono dan Suparta Arz dan didukung oleh Watchdov. 

Menurut Walikota Kotamobagu,  film dokumeter ini menceritakan tentang keadaan di pulau Kalimatan dan Sumatera yang menanam kelapa sawit, kemudian banyak penolakan dari masyarakat. Karena bagi warga masyarakat,  ini dapat membawa dampak negatif kedepan.

“Tanaman sawit haus hara dan air. Ini menjadi pengetahuan baru bagi masyarakat Kotamobagu,” Kata  Mokoginta.

Tempat yang sama Fedry Lambekan, mahasiswa Fakultas Ekonomi semester 2, mengatakan, film ini memotivasi untuk menjaga alam tercinta di Bolaang Mongondow Raya (BMR) dari kerusakan alam.

“Kami selaku mahasiswa senang dengan film dokumenter ini, karena dapat menambah pengetahuan bagi kami sebagai mahasiswa. “ Kata Ferdy.

Sorotan utama Asimetris akan lebih ke industri perkebunan kelapa sawit yang luasnya kini mencapai 11 juta hektare atau hampir sama luas pulau Jawa. Selain Kalimatan, kisah ini diangkat juga di daerah Sumatera hingga Papua

Ekspedisi Indonesia Biru merupakan ekspedisi keliling Indonesia menempuh perjalanan menempuh perjalanan 14 ribu kilometer mengendarai sepeda motor.(**)