2207_dicari.jpg
 
 

Tahun 2020 ini, 228 Rumah dapat bantuan

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kotamobagu, Chelsia Paputungan, mengatakan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah khusus DAK mulain disalurkan pekan ini pada rabu pekan lalu.

Sebanyak 228 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kotamobagu yang memperoleh bantuan stimulus peningkatan kualitas rumah.Menurut Chelsia, bantuan dalam bentuk material sudah mulai disalurkan khususnya BSPS yang bersumber dari dana APBN. Adapun BSPS yang bersumber dari dana DAK akan disalurkan pekan ini

Bantuan berupa material untuk tiap unitnya senilai Rp 17.500.000,- . “ Ini bantuan untuk  peningkatan kualitas rumah. Dari rumah berdinding kayu, diganti dengan dinding beton,”  kata Chelsia

 Menurutnya dari bantuan tersebut, ada juga pemiliknya yang mau membuat mulai dari darp pondasi “Tapi ada juga pemilik rumah yang membongkar rumahnya, dan mulai membangun lagi dari pondasi, itu juga tidak apa-apa, asalkan sisanya ditanggung pemilik rumah,” tambahnya.

Alasan mereka,membangun rumah tidak selalu dilakukan, sehingga dengan adanya stimulus ini, pemilik rumah menambah biayanya dengan mandiri.

Menurut Chelsia  untuk BSPS yang berasal dari dana DAK sedikit mengalami keterlambatan karena awalnya hilang saat refocusing , tapi muncul kembali. Sehingga, BSPS ABPN yang terlebih dahulu disalurkan kepada masyarakat. Dia optimis Desember 2020 semua unit rumah selesai dibangun. " Desember mendatang  masyarak penerimah  program tersebut, sudah bisa di nikmati oleh Mereka " (*)