2207_dicari.jpg
 
 

Ketua DPRD Kotamobagu Gotong Royong Perbaiki Jalan Desa

SULUTNES,KOTAMOBAGU-Ketua DPC PDIP Kotamobagu, Meydi Makalalag (Mekal), membantu memperbaiki akses jalan warga Desa Poyowa Besar I dan II, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Pasalnya, akses jalan pertanian yang telah rusak lama tersebut, kembali diperparah akibat intensitas curah hujan yang akhir-akhir ini meningkat di wilayah Kota Kotamobagu.

Dengan mengunakan pakaian sederhana, Mekal yang juga Ketua DPRD Kotamobagu ini, bersama masyarakat sekitar bergotong royong memperbaiki jalan tersebut.

Meski menggunakan dana pribadinya, Mekal bersama masyarakat membeli beberapa batang pohon kelapa untuk dibuatkan jembatan darurat. Selain itu, mereka juga membeli pasir dan sirtu untuk menambal lubang.

Bahkan, untuk memudahkan pengerjaan, politisi PDI Perjuangan ini juga mendatangkan alat berat. Warga-pun mengapresiasi sikap responsif Mekal atas keluhan mereka tersebut. “Terima kasih buat Pak Meiddy, sudah turun langsung bergotong royong bersama warga memperbaiki jalan ini,” ucap Hasmin

“Ada banyak petani di Poyowa Besar bersatu dan sekitarnya, bergantung pada akses jalan ini. Kalau tidak diperbaiki, petani harus memutar jauh lewat di Lolayan,” tambah David Mokodompit.

Sementara itu, orang nomor Satu di DPRD Kotamobagu ini, mengatakan, sudah menjadi kewajibannya sebagai wakil rakyat merespon hal yang seperti ini. “Kalau tidak kita perbaiki bersama seperti ini, kita semua yang akan rugi karena akses ke kebun putus,” kata Mekal di hadapan warga.

Mekal juga menjelaskan, akses jalan perkebunan di Poyowa Besar bersatu ini sedianya sudah dianggarkan dalam APBD 2020 untuk peningkatannya. Termasuk pembuatan jembatan di titik yang rusak parah tersebut. “Namun karena adanya pandemi Covid-19, anggarannya digeser untuk penanganan Covid-19. Tahun depan saya akan berjuang, supaya anggarannya masuk lagi dan perbaikan serta peningkatannya bisa dilakukan,” katanya.

Kepada warga terutama petani yang setiap hari melintas di jalan ini, Mekal menitip pesan agar selalu berhati-hati. “Karena yang kita buat ini masih darurat. Yang pokok bisa kita gunakan bersama sementara waktu,” ucapnya.

Ia-pun mengaprisasi sikap warga yang telah ikut bersama bergotong royong memperbaiki fasilitas umum ini. “Sikap gotong royong warga sangat luar biasa. Insya allah, sikap seperti ini terus kita jaga dan pupuk agar tidak hilang,” ucapnya.