Hindari Penyebaran Virus Corona Disdukcapil Kotamobagu Terapkan Layanan Lewat WhatsApp

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Sesuai surat edaran yang di terimah  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Diskdukcapil) Kotamobagu dari Dirjen  Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Bernomor surat  443.1/2978/Dukcapil tertanggal 16 maret 2020  dengan perihal Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencegahan Covid 19 atau Virus Corona, mulai besok Jumat (20/3/2020)  Dukcapil Kota Kotamobagu  untuk sementara waktu menghentikan pelayanan di kantor.Virginia Olii selaku kadis Dukcapil kota kotamobagu mengatakan, surat edaran itu kamiterimah  dan harus di tindak lanjuti. “ Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Kotamobagu yang akan mengurus dokumen kependudukan  agar menunda dulu jika  tidak mendesak,”  Virginia Olii, Kamis (19/3/2020).

Menurutnya, hal ini bagian dari  upaya pemerintah untuk  pencegahan penyebaran Virus Corona.

“ Namun, jika ada masyarakat yang mendesak  membutuhkan dokumen Kependudukan seperti BPJS, Rumah Sakit, pendaftaran masuk TNI/ POLRI akan kami layani,” ujarnya.Virginia menerangkan, untuk menghindari kontak fisik secara langsung, antrian serta berkumpulnya masyarakat maka mulai besok pelayanan dokumen kependudukan bisa tidak datang langsung ke Kantor  Disdukcapil .

 “ Cukup ajukan permohonan dari rumah dengan menghubungi nomor layanan Whatsapp (WA) Disdukcapil. Untuk pelayanan KTP- elektronik , Kartu Keluarga (KK), KIA, pindah datang dan Update NIK dapat menghubungi nomor WA 081387317315 dan 081355774780 serta utk pelayanan Akte kelahiran, Akte Kematian, akte Perceraian dan Akte Perkawinan dpt menghungi nomor WA 085342822428,” terangnya.

 Virginia juga menjelaskan, pelayanan ini dilakukan agar masyarakat tetap bisa terlayani, dimana kondisi saat ini masyarakat diminta untuk tetap berada dirumah dan menghindari tempat-tempat berkumpul dan kontak fisik juga tidak perlu berbondong-bondong  dan menunggu lama di Kantor Disdukcapil seperti biasa.

 “ Untuk contoh pembuatan Kartu Keluarga ketik nama pemohon# NIK # maksud permohonan. Tapi, yang bersangkutan harus mengirim juga lewat foto KK lama, Buku Nikah, dan Golongan Darah. Setelah diverifikasi dan berkasnya lengkap, maka petugas Disdukcapil akan menghubungi yang bersangkutan untuk menjemput KK tersebut dengan membawa fisik persyaratan yang sudah dikirim melalui WA. Untuk Proses penerbitan dokumen kependudukan akan dilayani saat jam kerja,” jelasnya.