Sekot Kotamobagu Buka FGD Andalalin MABM

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Sekretaris Daerah (Sekda) Kotamobagu, Ir Sande Dodo, Selasa (15/10/2019) membuka  kegiatan Focus Group Discussion (FGD)  terkait analisis dampak lalulintas (Andalalin) Masjid Agung Baitul Makmur (MABM).

Kegiatan yang selenggarakan oleh  Dinas Perhubungan (Dishub) Kotamobagu  itu, bertempat  Restoran  Lembah Bening.  kegiatan tersebut menghadiri berbagai istansi terkait yakni turut dihadiri Kepala, satauan polisi lalulintas (sat lantas) Polres kota kotamobagu  diwakili  KBO Onal Ngalimin, Kanit Dikyasa Agus Julianto, Sekretaris Disdagkop UKM  Edo Mopobela, serta para tamu undangan
 Sande Dodo  mengatakan Dalam  sambutannya,  kegiatan ini penting di lakukan mengingat  besarnya bangunan MABM, maka perlu adanya   penyusunan  dokumen  andalalin.

“ Bangunan MABM ini cukup besar. Serta bisa menampung 4000 hingga 5000 jamaah. untuk itu penting untuk merancang terkait dengan parkiranya sekaligus dampak lalulintasnya  ” ujar Sekda.

Lanjutnya, sebagai persyaratan yang mengacu pada peraturan Menhub nomor 75 tahun 2011 tentang luasan bangunan diatas 2500 meter² (persegi) harus ada kajian andalalinnya

“ permenhub sudah jelas memuata terkait andalalin pada bangunan yang sudah di atas 2500 M persegi.Ini juga, untuk memberikan contoh bagi masyarakat umum, kalau ada bangunan besar sudah harus menyiapkan dokumen andalalin, karena sekarang bukan sedikit bangunan yang baru dibuka itu menyebabkan kemacetan karena tidak melalui kajian andalalin,” Terangnya.


Pada kesempatan itu, Kepala Dishub  kota kotamobagu ,Nasli Paputungan memberikan apresiasi atas antusias dari pihak Satlantas Polres Kotamobagu terhadap kegiatan FGD yang digelar.

“  ,Kepedulian antar semua elemen sangatlah penting. Pun sekali lagi saya  ucapkan terima kasih kepada semua peserta yang telah memberikan masukan-masukan positif kepada kami.” Tutupnya.