Di Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ke 53 ,Ini Kata Mekal

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU- Meiddy Makalalag selaku ketua DPRD Kota Kotamobagu di upacara peringatan Hari kesakstian  Pancasila yang ke 53 ,  membacakan  Ikrar kesetiaan Pancasila.

ketua DPRD kota kotamobagu   yang  biasa disapa Mekal itu, tampil  berwibawa  dengan  Peci yang berpinkan Soekarno berwarna kuning keemasan ciri khas Kader PDI Perjuangan, lengkap dengan PDH

 

 

Berikut isi ikrar kesetiaan Pancasila yang dibacakan Ketua DPRD Kotamobagu, Meiddy Makalalag.

Ikrar

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Bangsa Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan, Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperoleh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Usai mengikuti pelaksanaan upacara tersebut, Mekal saat diwawancarai sejumlah wartawan mengatakan, tugas dan tanggung jawab generasi saat ini adalah bagaimana menjaga dan terus membumikan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara.

“ Itu tantangan kita. Apalagi bukan sekadar isu lagi bahwa saat ini bangsa Indonesia sedang dirongrong oleh kelompok-kelompok yang ingin mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi lain,” ujar Mekal.

“Saya ingin mengajak dan terus mendorong generasi muda di Kotamobagu agar terus memperkuat pemahaman soal ideologi bangsa kita, Pancasila. Supaya kita tidak mudah terpengaruh dengan doktrin ideologi lain yang ujung-ujungnya ingin merusak tatanan yang negara kita,” tambahnya.

Turut hadir pada upacara itu, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), TNI, Polri seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), hingga perangkat kelurahan dan desa.(*)