Aray: SRG Baik Untuk UKM dan Petani

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Disperindag Provinsi Sulawesi Utara bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Koperasi UKM (Disdagkop-UKM) Kota Kotamobagu. Kamis, (12/09/2019) kemarin menggelar Sosialisasi Sistem Resi Gudang (SRG) dan Pasar Lelang Komoditi Agro.

Gelaran kegiatan  bertempat di Hotel Sutanraja dan  dihadiri  Gapoktan , para pelaku UKM, Instansi terkait serta sejumlah Perbankan yang ada di Kota Kotamobagu. Ditemui akhir kegiatan, Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sulut, Ronny Erungan mengatakan melalui kegiatan tersebut, ada 2 pokok bahasan yang disampaikan kepada para peserta sosialisasi.

“ Permasalahan para petani hampir sama, yakni harga hasil panen rendah bahkan anjlok. Sehingga, membutuhkan uang untuk  menutupi modal atau pinjaman,  olehnya SRG ini, merupakan salah satu bentuk perlindungan terhadap para petani, agar komoditi yang akan dipasarkan masih memiliki harga  memadai ,” ujarnya.

 Ronny  mengatakan ,Sedangkan mengenai pasar lelang, bertujuan untuk menfasilitasi penjualan komoditi agro yang ada di Kota Kotamobagu.

“ Kita menghimpun produsen dalam hal ini, para  petani dan mengundang juga buyer atau pembeli. ronny menjelaskan Perlu diketahui, kami juga sudah menyampaikan kegiatan ini secara nasional jadi tidak menutup kemungkinan ada buyer dari luar daerah yang datang untuk membeli komoditi di daerah ini,” pungkasnya.

Ditempat yang sama Kepala Disdagkop-UKM, Herman Aray berharap dengan adanya kegiatan ini para petani serta pelaku usaha dapat memperoleh ilmu dalam peningkatan kualitas komoditi  dan produk agar diminati buyer dari luar daerah.(*)