Penyebar Berita Hoax dan Ujaran Kebencian di Medsos,Dapat di Lacak Gunakan Alat Canggih Milik di Diskominfo Kotamobagu

SULUTNEWS,Kotamobagu-fasilitas Data Center  yang kini sudah mulai dioperasikan oleh oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kotambagu,  dilengkapi fasilitas dan teknologi mengungkap identitas pelaku ciber crime di dunia maya.

kecanggihan Data Center milik Pemerintah Kota Kotamobagu ini,bisa mendeteksi dengan keakuratan 100 persen, untuk  dapat mengungkap identitas IP,  penyebar ujaran kebencian itu menggunakan akun palsu.

“ Fasilitas Data Center telah memiliki fasilitas dan teknologi yang dinamakan Sonar Map. Pemilik akun palsu yang biasanya juga menggunakan IP Palsu, secara akurasi bisa terdeteksi,” kata Yanni Umar SE, Kepala Dinas Kominfo kotamobagu , Rabu (20/02/2018).

Menurutnya , dengan tingkat keakurasian tinggi, maka Sonar Map dapat melacak dan merekam jejak serta tempat  oknum penyebar Hoax dan ujaran kebencian, serta manipulasi IP palsu dengan mudah bisa dibobol oleh fasilitas berbasis teknologi yang canggih.

“ Karena Pemerintah Kotamobagu memiliki fasilitas dan teknologi, maka akan digunakan oleh Tim Cyber Crime Polres Bolmong untuk mengungkap pelaku penyebar Hoax,” terang Yanni Umar, dihubungi via seluler, malam tadi.

Sinergitas kerja sama dengan Polres Bolmong kata Yanni, sudah dibicarakan antara Sekda Kotamobagu Adnan Masinae dan Waka Polres Bolmong, beberapa pekan lalu

“ Memang saat itu, tertunda karena ada pemasangan CCTV oleh Polres Bolmong, namun kordinasi dengan Polres Bolmong terkait MoU dibidang Cyber Crime, akan ditindak lanjuti dalam waktu dekat ini,”pungkas mar mengakhiri(one)