SULUTNEWS,KOTAMOBAGU Detail Engineering Design (DED) dalam perencanaan pembangunan Gelora Ambang ke depan akan dilaksanakan pada tahun 2020 ini.  Rencana pembangunan yang dimulai dari DED merupakan konsep pembangunan bertahap mengingat hampir seluruh fasilitas Keolahragaan akan dibangun didalamnya, demikian penjelasan Kadispora melalui Sekretaris Hendra Makalalag.

Pekerjaan DED Gelora Ambang saat ini pada tahap penyusunan dokumen pengadaan dan  dilelang dalam waktu dekat ini.

Dalam pelaksanaan kegiatan nanti pihak Dispora akan lebih banyak berdiskusi dengan pihak konsultan maupun para pihak, agar bisa menyamakan persepsi dalam konsep pembangunan nanti.

Dengan luas lahan 13,5 hektare rencananya akan dimaksimalkan agar semua fasilitas olahraga ada didalam Gelora Ambang, sehingga pemerintah daerah melalui Dispora dapat mengelolahnya sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah.

Diharapkan kedepan Gelora Ambang akan menjadi kebanggaan masyarakat Sulawesi Utara, lebih khusus Bolaang Mongondow Raya (BMR).  Menjadi kebanggan oleh karena lokasinya sangat strategis berada ditengah Kota yang tidak dimiliki oleh daerah lain di Sulawesi Utara.

Rencana pembangunan dengan konsep bertahap akan dituangkan dalam kebijakan anggaran baik bersumber dari APBN maupun APBD Provinsi dan APBD Kota Kotamobagu dan tidak menutup kemungkinan bekerjasama dengan pihak ketiga (investor).

Didalam konsep pembangunan fisiknya  nanti, disertai dengan Wisma atlit dan Gedung Kantor Dispora Kotamobagu berada dikawasan Gelora Ambang. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pemondokkan atlit bila ada even dan memudahkan pengawasan dari Dispora yang bertanggungjawab atas keberlangsungan pemanfaatan fasilitas yang tergolong mahal.

Dukungan semua stake holder sejak perencanaan sampai pada tahapan pembangunannya nanti sangat diharapkan tutup Sekdispora.(*)

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Detail  Engineering Design (DED)  Perencanaan pembangunan Gelora Ambang ke depan akan  yang akan dilaksanakan pada tahun 2020  ini dengan cara bertahap

Hal tersebut, di sampaikan kepala Dinas pemuda dan olah raga kota kotamobagu  Melalui sekertarisnya Hendra Makalalag.

Hendra mengungkapakan kalau saat ini, gelanggang olah raga gelora ambang kota kotamobagu  sudah masuk pada perencanaan pembangunan DED " .Lahan gelora ambaang itu cukup luas sehingga untuk pengembangnya kita gunakan konsep  pembangunan DED, yakni dengan cara bertahap  “ Tulis Hendra lewat pesan singkatnya Jumat (24/1/2020)

 Dia menjelaskan sekarang ini, konsep itu sudah masuk pada tahapan lelang “ Konspep pembangunan  DED Gelora Ambang saat ini, pada tahap penyusunan dokumen pengadaan dan  nantinya akan  dilelang dalam waktu dekat ini.” Imbunya

 Dipun menambahkan Dalam pelaksanaan kegiatan  ini, pihaknya  akan lebih banyak berdiskusi dengan pihak konsultan DED  , agar bisa menyamakan persepsi dalam konsep pembangunan nanti.

“ Dengan luas lahan 13,5 hektare rencananya akan dimaksimalkan agar semua fasilitas olah raga ada didalam Gelora Ambang. Sehingga, pemerintah daerah melalui Dispora dapat mengelolahnya  dan bisa  memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah “ Tandasnya   

 

 

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Sekola Dasar  Negeri 3 Pobundayan kota kotamobagu menerima bantuan dari kementerian pendidikan RI, berupa alat kelengkapan belajar Elektronik  dan jaringan internet. Hal tersebut,seperti disampaikan kepala sekola (kepsek) SDN 3 Pobundayan Yudi Amirudin,Spd.

Saat bersua dengan media SN.com  beberapa hari lalu. Menurunya bantuan tersebut bersumber dari Bos Kinerja siswa oleh kementerian pendidikan  dan dalam bentuk barang,“ Bantuan itu, dalam bentu peralatan seperti  ITE iPad sejumlah 33 unit , LCD, computer ditambah jaringan internet.”  Kata Yudi

Yudi menjelaskan,bantuan tersebut diperuntukan penggunaanya  pada poses  belajar mengajar,

” Yaa tentu tujuanya agar  para murid sudah mengenal dunia internet yang positif mulai dari usia dni, dan lebih jauh mengetahiu perkembangan dunia ITE yang semakin berkembang pesat serta menjadikan SDN 3 pobundayan ini,  sekolah yang mempunyai mutu pendidikan yang baik seperti yang di harapkan oleh Wali kota kotamobagu.” Imbunya (one)              

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Pelaksanaan Pra Jabatan (Prjab) 232 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hasil seleksi tahun 2019  akan direncanakan pada awal Maret mendatang.

Hal ini seperti disampaikan  Pelaksana Tugas (Plt) Kepala badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Sarida Mokoginta, Jumat (24/1/2020).

Menurutnya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terkait pelaksanaannya.

“Kami sudah menyurat dan tinggal menunggu balasan (surat resmi) dari mereka (BPSDM),” kata Sarida.

Diungkapkannya, biaya pelaksanaan Prajab tersebut ditanggung Pemerintah Kota (Pemkot). “Sudah dianggarkan di APBD. Jadi semua ditanggung pemerintah, kecuali transportasi dan kebutuhan pribadi peserta,” ungkapnya.(*)

 SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Untuk menarik aspirsi  warga ikut terlibat dalam proses perencanaan  pembangunan di kelurahan kotobangon , Selasa (21/1/2020), pemerintah Kelurahan Kotobangon  kecamatan kotamobagu timur,melaksanakan musyawara rencana pembangunan (Musrembang) untuk tahun 2021.Berbagia usulan masyarakat tercetus dalam  proses musrembang tersebut, terkait apa apa nanti yang menjadi kebutuhan  mereka, untuk peningkatan  fasilitas infrastruktur maupun, dalam bidang pembangunan pemberdayaan masyarkat.

Kori Manoppo,SE selaku lurah kotobangon  mengatakan kegitan ini bertujuan agar masyarakat terlibat langsung dalam proses pembangunan di kelurahan ini, juga turut andil dalam memberikan usulan dan masukanya.“Pembangunan partisipatif antara pemrintah dan Masyarakat itu penting, mereka juga turut bertanggung jawab dalam proses pengembangan pembangunan baik itu infrastruktur penting, dan pemberdayaan masyarakat.” Ujar Manoppo jumat ( 24/1/2020)

Tentunya semua usulan masyarakat akan di tampung sebagi data kedepan lewat data usulan ini, yang dilihat tingkat prioritasnya

“ Usulan tentu banyak dan semua demi kepentingan masyarakat kita namun, ada klasifikasinnya mendesak dan belum mendesak “ Imbuhnya

Pantauwan media SN.com kegiatan tersebut selain di hadiri oleh masyarakat kotobangon sendiri, juga tim dari Badan  Perencnaan Pembangunan Penelitian pengembangan Daerah (Bapelitbanda) kotamobagu  Anggota DPRD  kotamobagu dari Dapil Timur Utara, kadis Lingkungan Hidup serta Tokmas, dan perangkat  kelurahan kotobangon .(one)