2305_walikota_wakil.jpg
 

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Walikota Kota Kotamobagu mengeluarkan surat edaran, terkait dengan panduan pelaksanaan sholat Idul Adha, dan penyembelihan hewan kurban, di tengah masa pendemi covid-19 saat ini.

Dari surat edaran yang ditandatangani langsung oleh Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara tersebut, ditegaskan kalau pelaksanaan Sholat Idul Adha tahun 1443 Hijriah atau 2020 Masehi tahun ini, bisa digelar di Lapangan ataupun Masjid, di setiap Desa dan Kelurahan, dengan sejumlah persyaratan yang harus dipatuhi.

Berikut Surat Edaran Walikota Kotamobagu bernomor 170/w-kk/VII/2020.

Sholat Idul AdhaKABAR

SE Sholat Idul Adha Kotamobagu

 

Sholat Idul Adha

SE Sholat Idul Adha Kotamobagu

Sholat Idul Adha

 

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU- Wawali Nayodo koerniawan Mokoginta ,SH.meninjau perkebunan jangung dalam rangka Untuk persiapan panen di  Kobo besar kecamatan Kotamobagu timur, Selasa (14/7/2020).

kegiatan ini, menurut kepala bidang perkebunan,tanaman pangan Holtikultura Dinas Peringatan dan Pertanian (DPP) Kota kotamobagu

Ramjan Mokoginta peninjauwan tersebut untuk melihat persiapan penen yang di rencanakan akan di hadiri langsung Oly Dondokambey.

"  Perencanaanya kedatangan gubernur itu,hari kamis, untuk kegiatan penen jangung di desa kobo dengan luas 7 hektare.Sehingga di lakukan peninjauwan lokasi perkebunan tersebut." ujar Ramjan.

Selain itu,panan jangung gubernur juga akan di rencanakan untuk, melakukan panen bawang merah dan cabe " untuk bawang merah di desa Moyag Tampoan sedangkan cabe Lokasi Desa Tabang " Pungkasnya

 

 

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Tim gugus tugas pemkot kota kotamobagu,kembali menginformasihkan terkait perkembangan Covid19 Senin (19/7/2020).

 " Dari hasil rilis gugus tugas covid 19 Provinsi sulut, tanggal 11 juli 2020.  Kota kotamobagu ketambahan 1 pasien reaktif positif Coronavirus kontak erat dengan dengan pasien Nomor 14 dari claster keluarga yang saat ini lagi di rawat di RSUD pobundayan Kota Kotamobagu." ucap kepala dinkes  kota kotamobagu saat melakukan konfresi pers.

dinketahui untuk kotamobagu sendiri, pasien sembuh dari covid 19 berjumlah 17 orang dan 5 pasien masih dalam perawatan.

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Pemerintah Kotamobagu mengeluarkan surat edaran nomor 003/SETDA-KK/520/VII/2020, tentang larangan pembuatan los di jalan.

“ Sesuai dengan ketentuan Peraturan Daerah (Perda) Kotamobagu nomor 09 tahun 2016 tentang ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat pasal 3 huruf e bahwa setiap orang dan atau badan dilarang menggunakan badan jalan untuk kepentingan pribadi dan atau kelompok,” Tertulis dalam surat yang ditandatangani Sekretaris Daerah, Sande Dodo.

Sebagai tindak lanjut dari surat edaran tersebut, maka lurah dan sangadi dilarang memberikan rekomendasi atau persetujuan kepada masyarakat Kota Kotamobagu yang akan menggunakan badan jalan untuk kepentingan pribadi atau kelompok tanpa izin.

Namun hal tersebut tidak berlaku bagi masyarakat atau kelompok yang mendapatkan izin, untuk menggunakan badan jalan ketika hajatan duka. “ Izin sebagaimana dimaksud dikecualikan bagi orang dan atau badan yang memperoleh izin sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Izin dimaksud meliputi penggunaan badan jalan untuk hajatan duka,” terang Sekda.

Jika terdapat los tanpa ijin maka Lurah atau Sangadi dapat melakukan penertiban dan berkoordinasi dengan instansi terkait. “ Jika ada yang melanggar maka akan diberikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” Tandasnya

 

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU -Wakil wali kota kotamobagu Nayodo koerniawan Mokoginta SH, BPJS ketenagakerjaan meyerahakan bantuan kepada ratusan pekerja yang di rumahkan akbat Pandemi Civid 19 sekarang ini. penyerahan tersebut di laksanakan di aulah kantor wali kota kotamobagu. Senin (13/7/2020).

" Pemerintah telah menerimah 1 ton beras dan 200 kilo minyak goreng, dan nanti akang di serahkan kepada 200 pekerja yang terdampak covit 19 ini, bantuan ini dari BPJS, ketenaga kerjaan sebagai bentuk kepedulian BUMN,"  Ujar wawli Nayodo

menurutnya, Pandemi civid 19 ini, cukup berpengaruh di sejumlah sektor paling terpenting sektor ekinimi dewasa ini." Akibat pandemi ini, ratusan tenaga kerja yang ada di kota kotamobagu harus kehilangan kerjaanya.Saya pernah bertemu denga salah satu dirut perusahaan yakni PT Citra Parissindo, ia mengatakan hampir 200 orang kariawannya di rumahkan,tentu ini juga, terjadi pada perusahan lain yang ada di kota kotamobagu" Tambahnya

tentu lanjut wawali Nayo kita semua berharap pandemi covid 19 ini, segerah akan berakhir." agar para pekerha yang di rumahkan bisa bekerja kembali dan perekonomian di kotamobagu kembali normal" imbuhnya.

Terpisah, kepala BPJS kerenaga kerjaan komobagu Suhardi Ahmad mengatakan ini salah satu bentuk kewajiban BPJS ketenaga kerjaan bagian untuk ikut meringngankan beban para pekerja yang di rumahkan."  Tentu untuk tehnis nya bantuan ini,kita serahkan ke pemerita kotamobagu karena sebap pihak pemerinta memiliki data jumlah TK yang dinrumahkan akibat pandemi covid 19 ini, " ujar suhardi.