SulutNews.Com Kotamobagu- Komisioner KPU Kota Kotamobagu Asep Sabar, mengaku siap menindaklanjuti Surat Ketua KPU RI Nomor 666/SDM.12.-SD/05/KPU/XI/2017 tertanggal 7 November 2017. Dimana dalam surat tersebut, seorang anggota KPU diwajibkan keluar dari kepengurusan organisasi kemasyarakatan (Ormas).

Diketahui, saat ini Asep masih tercatat sebagai salah satu anggota di Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kotamobagu dan Pengurus Wilayah Gerakan Pemuda (PW GP) Ansor Sulawesi Utara.

“Saya sudah menyiapkan draft surat pengunduran diri ,dan akan segera disampaikan ke pimpinan ormas dimana saya dipercaya sebagai pengurusnya,” ungkap  Asep, Minggu (03/12/17) tadi.

Asep menegaskan, seorang Komisioner KPU harus taat dengan UU. Pasal 21 ayat (1) huruf k UU Nomor 7 tahun 2017 menentukan syarat untuk menjadi calon anggota KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota harus bersedia mengundurkan diri dari kepengurusan organisasi kemasyarakatan yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum.

“Memang, sebelum surat ini muncul, saya sudah pernah menyampaikan pernyataan mundur dari pekerjaannya sebagai wartawan di salahsatu media surat kabara harian (SKH) radar bolmong , beberapa hari setelah dilantik sebagai anggota KPU Kota Kotamobagu Periode 2013-2018, pada bulan Oktober 2013 silam,” terangnya.

Meski demikian kata Asep, ia sudah sempat berkonsultasi ke salah satu anggota KPU RI, Hasyim Asy’ari, terkait mundur dari ormas tersebut. Menurut Hasyim, latar belakang dikeluarkannya surat tersebut semata untuk menghindari konflik kepentingan. Cara berpikirnya dua itu. Yang paling utama lagi adalah anggota KPU diminta bekerja sepenuh waktu diinstitusinya. Hal tersebut merupakan syarat menjadi anggota KPU.


“ Bersedia bekerja sepenuh waktu, artinya apa? menjadi anggota KPU bukan pekerjaan sambilan. Konsekuensinya bagi yang PNS atau apa, kan harus mengundurkan diri,” tegas Hasyim sebagaimana sebagia mana di jelaskan  Asep.

Asep berharap, kawan-kawan komisioner KPU Kota Kotamobagu juga segera mengundurkan diri dari kepengurusan ormas karena surat keputusan pemberhentian dari ormas harus diserahkan kepada KPU RI paling lambat 30 hari terhitung sejak tanggal 29 Desember 2017. (**/R1)

SulutNews,Com-Kotamobagu,Untuk lebih menunjang kinerja  penyelenggara 4 (empat) Kecamatan yang ada di Kota Kotamobagu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu telah  menugusulkan pembentukan Sekertariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se- Kota Kotamobagu atas dasar dari usulan ditingkatan kecamatan.

Hal tersebut langsung disampaikan oleh Komisioner KPU Kotamobagu Iwan H Manoppo lewat telepon,Minggu (26/11/2017) siang tadi.

 “Usulan ini disesuaikan dengan regulasi yang ada, yakni Pasal 43 ayat (7) dan ayat (8) pada peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2015 tentang, Pembentukan sekertariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK),” jelas iwan .

Dia pun menambhakan,Usulan tersebut, langsung ditujukan kepada Walikota Kotamobagu, dengan usulan 1 (satu) Orang Sekertaris, 1 (satu) Orang Staf sekertariat urusan tekhnis penyelenggaraan, dan 1 (satu) Orang Staf sekertariat urusan tata usaha, keungan dan logistik pemilihan pada tahapan pilwako 2018 nanti,” urai  Manoppo.

Sementara itu Staf urusan tekhnis penyelenggaraan KPU Kotamobagu, Yusril Kobandaha mengatakan bahwa, “Usulan tersebut akan di usulkan hari Senin 27 November 2017 esok ke Walikota, untuk dapat di sahkan lewat Surat Keputusan Walikota Kotamobagu,” Pungkasnya(R1)

 

pps-kpu.jpg - 14.98 kB

Kotamobagu, Sulutnews.com - komisi pemilihan umum (KPU)   melantik  Sebanyak 99 Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang  akan bertugas pada Pilkada 2018 bertempat di Aula Resto Lembah Bening, Jum’at (10/11/2017)

Pelantikan  PPS tersebut  dipimpin langsung oleh Ketua KPUD Kotamobagu Nova Tamon, serta  didampingi  para Komisioner KPU Iwan Manoppo, Aditya Tegela  

  Pelantikan 99 PPS ini berdasarkan Surat Keputusan KPU Kota Kotamobagu bernomor : 46 / PP.05.3-Kpt / 7174 /KPU-Kot / XI / 2017, tentang Penetapan Anggota  Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada wali kota dan wakil walikota  kotamobagu  2018

Ketua KPUD Kotamobagu, Nova Tamon usai pelantikan dan pengambilan sumpah serta janji 99 PPS saat  sambutannya mengucapkan selamat kepada saudara/i yang sudah terpilih setelah melaui tahapan seleksi. “  selamat bertugas dan bekerjalah dengan profisional 

Kalian mendapat penghormatan dari negara untuk ikut serta dan berperan aktif pada pelaksanaan pesta demokrasi yang akan menentukan nasib Kota Kotamobagu lima tahun Kedepan, lanjut Tamon.

ke-99 Anggota PPS ini nantinya akan bertugas  di  33 Kelurahan/Desa pada Pilkada Kotamobagu 2018 nanti. Dimana,(R1)

 

SulutNews.com,calon (balon) Walikota Kotamobagu dari jalur Independen Jainuddin Damopolii meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu untuk bekerja profesional dan transparan dalam seluruh proses serta  tahapan Pilkada pada Juni 2018 mendatang.

“ Saya berpesan kepada KPU agar bekerja secara profesional dalam melaksanakan  seluruh tahapan.agar semua yang kiata harapakan tercitanya pilkada yang bermatabat akan  berjalan dengan baik,” kata Jainuddin saat berada di kantor KPU Selasa (28/11/2017).

Jainuddin juga berhaap kepada KPU Kotamobagu untuk mengedepankan sikap jujur, adil dan netralitas untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada.

“Netralitas penting dalam proses ini , agar tidak ada orang yang  merasa dirugikan,” ungkapnya .

Kemudian, KPU sebagai penyelenggara pemilihan,harus bekerja  optimal dalam seluruh proses pemilihan kepala daerah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Selain itu, KPU juga harus bersikap independen dan menjamin seluruh proses dapat berjalan aman dan sukses tanpa mendapat tekanan dari pihak mana pun, sentilnya.

Sebagai bakal calon yang maju lewat jalur independen mengaku juga tidak akan mengintervensi kewenangan KPU dalam menjalankan setiap proses dan tahapan dalam Pilkada Kotamobagu.

Ia berharap, pada pelaksanaan Pilkada Kota Kotamobagu 2018 mendatang, menjadi pesta demokrasi bagi rakyat Kota Kotamobagu. “Masyarakat punya pilihan nanti. Dan demokrasi di Kotamobagu dapat berkembang dengan baik,” ujarnya.

Diketahui berkas dukungan milik pasangan calon independen Jainuddin Damopolii dan Suharjo Makalalag saat ini sudah masuk pada tahapan kedua. Setelah selesai pada tahapan penelitian berkas, pihak KPU memastikan bahwa berkas dukungan memenuhi syarat. Saat ini pihak KPU sudah mulai melakukan tahapan kedua yakni tahapan verifikasi administrasi, yakni pemeriksaan dukungan(R1)

 

FB_IMG_1510234094838.jpg - 17.85 kB

Kotamobagu, Sulutnews.com-KPU Kota Kotamobagu melaksanakan  pengambilan sumpah dan janji kepada 20 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu bertempat di Hotel Senator Kota Kotamobagu Kamis (9/11/2017).

20 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK ) merujuk pada   surat Keputusan KPU Kotamobagu yang bernomor 44 / PP.05.3-Kpt / 7174 / KPU-Kot / XI /2017. Tentang Penetapan Anggota Panitia Pemilhan Kecamatan (PPK).

Ketua KPU Kota Kotamobagu Nova Tamon mengatakan  setelah melalui proses perekrutan yang ketat ke dua puluh ini lah yang dinyatakan lulus ,harpakan  agar semua anggota PPK  yang baru dilantik ini dapat menjalankan tugasnya secara profisional dan bertanggung jawab sehinga apa yang kita harapakan mewujudkan pilkada yang bersih  dan berkwalitas akan terwujud .

“usai penlantikan ini mereka sudah bisa menjalankan semua tugas yang di berikan dasarakan aturan dan UU Komisi Pemilahan Umum ,tutup” Nova(R1)

Kotamobagu

Asep : Saya Sudah Siapkan Draft Pengunduran Diri

Asep : Saya Sudah Siapkan Draft Pengunduran Diri

SulutNews.Com Kotamobagu- Komisioner KPU Kota Kotamobagu Asep Sabar, mengaku siap menindaklanjuti Surat Ketua KPU RI Nomor 666/SDM...

Sekertariat PPK diEmpat Kecamatan ,Segerah diBentu...

 Sekertariat PPK diEmpat Kecamatan ,Segerah diBentuk

SulutNews,Com-Kotamobagu,Untuk lebih menunjang kinerja penyelenggara 4 (empat) Kecamatan yang ada di Kota Kotamobagu, Komisi Pemil...

Pasangan Independen berharap,KPU Kotamobagu Bekerj...

Pasangan Independen berharap,KPU Kotamobagu Bekerja Profesional

SulutNews.com,calon (balon) Walikota Kotamobagu dari jalur Independen Jainuddin Damopolii meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota...

KPUD Kotamobagu Lantik 99 Panitia Pemungutan suara...

KPUD Kotamobagu Lantik 99 Panitia Pemungutan suara (PPS) Kelurahan dan Desa

Kotamobagu, Sulutnews.com - komisi pemilihan umum (KPU) melantik Sebanyak 99 Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bertugas pa...

KPU Kotamobagu Ambil sumpah Janji 20 Anggota PPK

KPU  Kotamobagu Ambil sumpah Janji 20 Anggota PPK

Kotamobagu, Sulutnews.com-KPU Kota Kotamobagu melaksanakan pengambilan sumpah dan janji kepada 20 anggota Panitia Pemilihan Kecam...

Berikut Nama-Nama PPS yang di Nyatakan Lulus

Berikut Nama-Nama PPS yang di Nyatakan Lulus

Kotamobagu, Sulutnews.com-KPU Kotamobagu mengumumkan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se- Kota Kotamobagu Selasa (7/11). Men...

KPU Kotamobagu Umumkan 54 Nama Calon Anggota PPK

KPU Kotamobagu Umumkan 54 Nama Calon Anggota PPK

Kotamobagu, Sulutnews.com - Setelah dilakukan verifikasi berkas selama tiga hari, panitia rekrutmen Panitia Adhoc KPU Kota Kotamob...

Pemuda Gereja Kawal Salat Id

Pemuda Gereja Kawal Salat Id

Kotamobagu, Sulutnews.com-Kerukunan antar umat beragama di Kotamobagu terus terjaga. Hal ini terlihat saat pelaksanaan Salat Idul...

Tahun ini 256 Rumah di Kotamobagu Dapat Bantuan Be...

Tahun ini 256 Rumah di Kotamobagu Dapat Bantuan Bedah Rumah

Kotamobagu, Sulutnews.com - Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementrian PUPR),melalui dinas Perumahan Rakyat dan Ka...