SULUTNEWS,KOTAMOBAGU- Kementrian Dalam Negeri  memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah (Pemda) kota kotamobagu.Pemberian penghargaan tersebut, dilaksanakan  Dirjen Pembangunan Daerah dalam rapat Koordinasi Implementasi Integrasi e-Planning Sistem Informasi Pemerintahan Daerah.

Kegiatan , yang berlangsung di Jakarta, dibuka oleh DR. Ir. Muhammad Hudori, M.Si. yang dihadiri  pemerintah  dari 34 Provinsi dan Daerah.

Menurut Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Eko Gunawan Asnawi, mengatakan, khusus untuk penghargaan dari Direktorat Jendral (Dirjen) Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri dari 34 Privinsi hanya 8 Provinsi, 11 Kabupaten dan 8 Kota,” ungkap Eko.

”  Penghargaan diterimah pada Kamis (22/8/2019),  ini diraih Kotamobagu atas komitmen Walikota dan Wakil Walikota yang terus mengawal pemerintahan dengan menjalankan amanat Peraturan Presiden 95 tahun 2018, tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Permendagri No 98 tahun 2018, tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah,” beber Eko, yang mewakili Pemkot Kotamobagu untuk menerima piagam penghargaan tersebut.

Lanjut Eko, keberhasilan Kotamobagu sehingga menerima  penghargaan ini, atas adanya keselarasan dan konsisten antara pemerintah pusat dan daerah dalam perencanaan berbasis aplikasi baik dari bottom-up maupun top-down,( dari bawa ke atas dan dari atas kebawa) ,terkait kordinasinya

” Lewat perencanaan yang matang sehingga sistem perencanaan pembangunan daerah Kota Kotamobagu bisa dipantau langsung Kemendagri, melalui sistem informasi yang berbasis elektronik,” terang Eko.

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), membuka pendaftaran penerimaan Tenaga Harian Lepas (THL).

Para THL yang direkrut nantinya akan bertugas di beberapa formasi.

 

Berikut Formasi dan Persyaratannya:

1. Pengawas Lapangan Kec. Kotamobagu Utara = 1 formasi.

Persyaratan:
Pria, Ijazah minimal SMA,
Surat permohonan, KTP, Pas photo warna 3×4, SIM B 1 umum, surat keterangan berbadan sehat, berdomisili di wilayah Kecamatan Kotamobagu Utara.

2. Sopir Dump Truck = 1 Formasi.
Persyaratan:
Pria, Ijazah minimal SD,  surat permohonan, KTP, Pas photo warna 3×4, SIM B1 umum, surat keterangan berbadan sehat,

3. Sopir Motor Sampah = 2 formasi.
Persyaratan:
Pria, Ijazah minimal SD,  Surat permohonan, KTP, Pas photo warna 3×4, SIM C,  Surat keterangan berbadan sehat.

4. Kenek Dump Truck = 11 Formasi
Persyaratan:
Pria, Surat permohonan, KTP, Pas photo warna 3×4, Surat keterangan berbadan sehat.

5. Tukang Sapu = 4 Formasi
Persyaratan:
Pria/wanita, KTP, Surat keterangan berbadan sehat,

6. Petugas Pengecek/Penghitung Volume Sampah = 1 Formasi
Persyaratan:
Pria, Ijazah minimal SMA,  surat permohonan, KTP, Pas photo warna 3×4, Surat keterangan berbadan sehat

7. Petugas Pengelola Kebersihan Lapangan Kota = 1 Formasi
Persyaratan:
Pria/wanita, Ijazah minimal SMA,  Surat permohonan, KTP, Pas photo warna 3×4, Surat keterangan berbadan sehat

8. Penjaga TPPPR Matali = 1 Formasi
Persyaratan:
Pria, Ijazah minimal SMA,  Surat permohonan, KTP, Pas photo warna 3×4, Surat keterangan berbadan sehat.

9. Petugas Pengelola Sampah/Kompos TPPPR Matali = 1 Formasi.
Persyaratan:
Pria, Ijazah minimal SMA,  Surat permohonan, KTP,  Pas photo warna 3×4, Surat keterangan berbadan sehat.

10. Sopir Kepala Dinas = 1 Formasi

Pria, Ijazah minimal SMA,  Surat permohonan, KTP, Pas photo warna 3×4, Surat keterangan berbadan sehat, Minimal Sim A.

Catatan :

Pembukaan Pendaftaran dimulai sejak tanggal 26 s/d 30 Agustus 2019.
Surat Lamaran / Permohonan diantar langsung di Dinas Lingkungan Hidup Kota Kotamobagu, Alamat : Kompleks Terminal Bonawang, Kelurahan Mongkonai Kec. Kotamobagu Barat.Info lebih lanjut menghubungi nomor : 082189772211 dan 082291246110

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Sistem Perencanaan Berbasis Tata Ruang (SiPeTARUNG) diluncurkan oleh  Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, Jumat (23/8/2019),  bertempat di kantor Bappelitbangda.

SiPeTARUNG adalah  sebuah aplikasi yang dibuat Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kotamobagu.

 maksud dibuat Aplikasi ini,  agar lebih mudah memantua  kegiatan pembangunan, dan  menjadi pedoman serta  alat bantu untuk menjalankan fungsi kendali pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah,agar berjalan sesuai dengan arahan tata ruang wilayah.

 hadir dalam kesempatan tersebut ,Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan sekaligus  secara  resmi  meluncurkan aplikasi itu.

Nayodo dalam sambutannya berharap agar aplikasi ini dapat mewujudkan harapan Pemkot Kotamobagu dalam mengintegrasikan data lintas sektor yang berbasis spasial yang menjadi bahan evaluasi, pemantauan, dan supervisi terhadap pembangunan yang akan dilaksanakan.

Sementara itu Kepala Bappelitbangda Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, mengatakan dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu investor dan masyarakat dalam mencari informasi terkait pembangunan di Kotamobagu.

“Serta membantu Pemerintah Kotamobagu dalam mengarahkan pembangunan ke depan nanti,” ujar Sofyan

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Mewakili Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara, Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan, Jumat (23/8/2019) sore, membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan Kemah Pramuka Karya Sahabat Tahun 2019,dilaksanakan di lapangan Gelora Ambang Kotamobagu.

 

Dalam kesempatan tersebut, Nayodo  mengtakan ,dalam sambutannya,atas  nama pribadi dan Daerah Kota Kotamobagu mengucapkan selamat Hari Pramuka ke-58 tahun 2019.

 

“ Saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada panitia dan peserta yang mengikuti kegiatan ini, karena bagi Pemerintah Kota Kotamobagu, kegiatan ini juga bagian dari upaya kita semua untuk dapat semakin memperkokoh persatuan, persaudaraan, dan kebersamaan khususnya bagi seluruh anggota pramuka di wilayah  kwatcab Kota Kotamobagu,” kata Nayodo

 

Dalam kesempatam itu juga,Nayodo,  meyampaiakan ,Ibu Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara berpesan bahwa kepada Kuartir Cabang Kota Kotamobagu harus memperkokoh tali silaturahmi dengan mengedepankan musyawarah dan mufakat yang merupakan jiwa dari pramuka itu sendiri.

“ Kita ketahui bersama, bahwa generasi muda merupakan agen pembaharu yang juga sekaligus penentu bagi arah  masa depan dan kemajuan bangsa dan negara, serta Daerah Kota Kotamobagu khususnya,”  katanya  

Olehnya  kata Nayodo, kita semua harus memiliki kesamaan visi dan persepsi, sehingga nantinya akan dapat terbangun kesamaan rasa, bahwa dipundak kita semua dan generasi akan datang terletak beban untuk membawa kemajuan daerah sebagaimana yang menjadi cita-cita kita bersama.

“  Ini  penting untuk saya sampaikan, dan ingatkan kepada kita semua, karena lahirnya gerakan pramuka tentu di ilhami oleh rasa kepekaan dan kepoloporan dari para generasi muda untuk menggalang rasa persatuan sekaligus untuk mengkonsolidasikan berbagai potensi yang dimiliki oleh seluruh pemuda, sehingga dapat  mendukung serta ikut mensukseskan setiap program dan kegiatan pembangunan di daerah maupun secara nasional,” kata Nayodo

 

SULUNEWS,KOTAMOBAGU-  Delapan pulu  paket rehabilitasi Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) tahun 2020   di usulkan Dinas sosilal (Dinsos) kota kotamobagu ,lewat dua pos anggaran yakni ,APBD Kota kotamobagu dan Provinsi sulut

 Hal tersebut , disampaikan Kepala Dinas Sosial Kotamobagu Sarida Mokoginta, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan draf  usulan untuk  APBD Kotamobagu,  tahun 2020,

”  Draf pengusulan RTLH tahun 2020 sudah direncanakan lewat APBD dengan jumlah sebanyak 30 rumah warga kurang mampu. Mudah mudahan ini disetujui DPRD dalam pembahasan nanti,” ujar Sarida.h u

Dan untuk APBD provinsi menurutnya pihaknya mengusulkan sebanyak limah puluh unit RTLH 

”  lewat APBD Provinsi,kami usulkan , lumayan banyak dengan usulan 50 unit rumah. Ini juga diperuntukan tahun 2020,” Tandanya