SULUTNEWS, KOTAMOBAGU – Wakil Walikota Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan memberikan kenang-kenangan berupa kotak kabela ke tim surveyor akreditasi Puskesmas, yang akan melakukan penilaian di Puskesmas Kelurahan Kotobangon selama 3 hari kedepan.
Hal itu dilakukan Nayodo, dalam penyambutannya kepada tim survetyor akreditasi Puskesmas di Kelurahan Kotobangon, Kamis (12/12/2019) pagi tadi.

“Kotak Kabela merupakan salah satu produk khas Mongondow, yang digunakan dalam beberapa kegiatan kebudayaan adat daerah ini di jaman kerajaan kabela ini berfungsi untu menyimpan  barang barang berharga milik  kerjaaan Sehingganya, kami memberikan kenang-kenangan ini ke tim surveyor sebagai sebuah penghargaan atas keluangan waktu mereka, melakuan penilaian di daerah ini, untuk proses akreditasi Puskesmas di Kotamobagu,” ujar Nayodo,


Diketahui, Kotak Kabela ini merupakan salah satu khaanah kebudayaan mongondow, yang telah dicatat sebagai salah satu peninggalan sejaran kebudayaan. Dimana, kotak yang didominasi oleh warna merah dan kuning tersebut sebagai bagian dari kearigan local kemongondowan, serta menjadi sebuah symbol penghormatan kepada para tamu yang berkunjung ke wilayah Bolaang Mongondow Raya.

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU—Walikota Kotamobagu, Ir. Hj. Tatong Bara, Kamis (12/12), menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Atas Pemeriksaan Kinerja dan Pemeriksaan dengan Tujuan Tertentu Semester II Tahun 2019, dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara.

Usai menerima LHP yang diserahkan langsung Kepala BPK Sulawesi Utara, Karyadi, SE., MM., Ak., CA., Walikota juga diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan mewakili para Kepala Daerah yang hadir pada penyerahan LHP tersebut.



“Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Pemeriksaan Kinerja dan Pemeriksaan dengan Tujuan Tertentu Semester II Tahun 2019, tentu menjadi hal yang sangat penting, terutama dalam rangka peningkatan kinerja Pemerintah Daerah, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Walikota Kota Kotamobagu.

Walikota juga menyampaikan terima kasih karena Kota Kotamobagu termasuk daerah yang dipilih untuk pemeriksaan, terutama  di bidang kesehatan.

“Tentu Ini menjadi suatu kesyukuran bagi kami di daerah karena audit dilakukan semakin ketat oleh BPK dan kami selalu diberikan gambaran yang baik oleh Ketua BPK,” ucap Walikota

Menurutnya, pemeriksaan yang dilakukan BPK terkait Kinerja dan Pemeriksaan dengan Tujuan Tertentu menjadi satu hal yang penting untuk mengukur apakah kinerja pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan sudah sesuai atau tidak.



“Hari ini kami lengkap, karena dihadiri juga oleh Ketua DPRD Kota Kotamobagu. Setelah menerima LHP ini, kami bersama-sama pimpinan DPRD akan segera menindaklanjuti catatan dari Badan Pemeriksa Keuangan,” ujarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor BPK Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara di Manado, ini turut dihadiri Pimpinan Daerah serta Ketua DPRD dari Kabupaten/Kota yang menerima LHP Atas Pemeriksaan Kinerja dan Pemeriksaan dengan Tujuan Tertentu Semester II Tahun  2019. (*)

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU — Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara menghadiri acara penyerahan laporan hasil pemeriksaan atas pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu semester II Tahun 2019, yang dilaksanakan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara di Manado, Kamis (12/12/2019).

Wali Kota saat memberikan penyampaian mengatakan, insya allah di pertemuan kita ini dapat memberikan sumbangsi besar dalam kemajuan daerah, kemajuan bangsa dan tentunya peran kita semua sebagai pelaksana pemerintahan.

“ Seperti apa yang kita harapkan dalam penyerahan ini, adalah peningkatan kinerja pemerintahan dan  peningkatan kesejateraan masyarakat. Oleh sebab itu, sekarang kami seluruh pimpinan daearah dengan berbagai regulasi yang  ada . tentu dua  hal ini sangat kami tekankan, yaitu peningkatan kinerja pemerintah dan insyaallah kesejahteraan masyarakat dapat capai .,”ungkapnya.

Di kesempatan itu pula ,walikota mengcapkan  Terima kasih atas kesempatan ini, terutama kami kotamobagu lengkap dengan ketua DPRD Kota Kotamobagu bapak  Meydi Makalalag dan pimpinan daerah, diberi kesempatan untuk bisa berbicara, dan juga kami berterima kasih karena daerah kami termasuk daerah yang dipilih dalam pemeriksaan, terutama kami di bidang kesehatan  pendidikan serta capaian  PAD dan juga seperti ibu teti, kinerja APBD untuk tingkat IPM.

“ Tentu hal ini merupakan satu kesyukuran bagi kami pemilik daerah, karena audit ini, semakin ketat dari BPK dan kami selalu memberikan gambaran yang baik untuk  BPK bahwa. BPK  kalau tidak ada manfaat kenapa harus disini,”terangnya.

Ia juga menjelaskan, ini hal yang penting ,apakah kinerja dalam pengolahan keuangan ini sesuai atau tidak. Nah, tadi telah disampaikan hasil dari audit atau hasil pemeriksaan telah digambarkan tentang hasilnya dan insyaallah kami setelah menerima ini, bersama-sama dengan pimpinan DPRD akan memperbaiki dan menindaklanjuti catatan-catatan dari BPK.

“ Ini yang bisa kami sampaikan terima kasih, semoga pemeriksaan ini akan bisa efektif dan diharapkan semuanya akan bermanfaat buat daerah yang sama kita cintai,”pungkasnya.

 Turut hadir dalam  acara  terseburt, Kepala BPK RI Perwakilan Sulut dan seluruh jajaran BPK perwakilan Sulut, Seluruh Pimpinan Daerah di 5 kabupaten kot se sulut.

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU- Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Kotamobagu, dalam waktu dekat ini akan segera mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS Kota Kotamobagu tahun 2019.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kotamobagu Sahaya Mokoginta, melalui Kepala Sub Bidang Pengadaan dan Pemberhentian Alfi Syahrin Rustam, Kamis (12/12/2019). Dikatakannya, pihaknya saat ini masih dalam tahap proses verifikasi. “Target kita minggu ini sudah diumumkan,” terang Alfi.

Untuk melihat hasil pengumumannya kata Alfi, dapat dicek langsung melalui situs Badan Kepegawaian Nasional (BKN), atau bisa juga melalui website BKPP Kota Kotamobagu. “Jika sudah diumumkan, bisa mengecek langsung kedua situs tersebut,” Tandasnya

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Waki Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan SH membuka  sosialisasi pencegahan tindak kejahatan, Kamis, (12/12/2019). bertempat di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). kegiatan tersebut, diikuti oleh seluruh Anggota Perlundungan Masyarakat (Linmas)  33 Desa dan Kelurahan se kota kotamobagu 

Wawali  dalam sambutannya mengatakan, peran Linmas sangat penting dan sentral karena menjadi mata pemerintah desa dan kelurahan di lingkungan masing-masing.

“  Tindak kejahatan itu akan timbul setiap saat apa bila ada kesempetan sehingga  Sangat diperlukan adanya pencegahan. Nah, Linmas ini, tujuanya  membantu pemerintah serta memberikan informasi terkait potensi kejahatan yang akan terjadi. paling tidak  kehadiran linmas di tengah tengah msyarakat,bisa menekan tindak  kejahatan sekaligus  memberikan manfaat,” Kata  Wawali

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Irianto Mokoginta menambahkan, tujuan sosialisasi tersebut, untuk memberikan pemahama kepada linmas tentang bagaimana mencegah terjadinya tindak kejahatan.

“ Jadi kegiatan ini dilakukan agar linmas diharapkan dapat mencegah tindak kejahatan, diharapkan lagi linmas punya kemampuan untuk melihat adanya potensi  kejahatan,”