Gubernur Olly Keluarkan Pergub Nomor 44 Tatatanan New Normal

Written by  Jun 25, 2020

Manado,Sulutnews.com - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dr Olly Dondokambey mengatakan new normal atau memasuki tatanan kehidupan baru saat ini mulai diterapkan di Profinsi Sulawesi Utara terhitung tanggal 23 Juni 2020.

Peraturan diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 44 Tahun 2020  TENTANG Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif Dan Aman COVID-19.

"Aturan ini diharapkan efektif,  membuat masyarakat produktif serta tetap aman dari virus corona Covid-19, ujar Olly kepada media di Manado, Selasa (23/6).

Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat covid-19, sebagai kedaruratan kesehatan masyakat yang wajib dilakukan upaya penanggulangan.

Terkait 4 provinsi yang sudah mulai melakukan new normal yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Gorontalo dan Papua.

“Berdasarkan itu, maka perlu menetapkan Peraturan Gubernur tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara,” urainya.

Gubernur Olly Dondokambey menyampaikan kunci keberhasilan pelaksanaan Pergub adalah kedisiplinan masyarakat Sulut melakukan protokol kesehatan seperti physical distancing, pakai masker, cuci tangan dengan sabun dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Pergub mengatur pelaksanaan aktivitas di luar rumah, aktivitas di tempat dan fasilitas umum baik pasar, pusat perbelanjaan/mall/pertokoan dan sejenisnya, hotel/penginapan/homestay/ asrama dan sejenisnya, rumah makan/restoran dan sejenisnya, sarana dan kegiatan olahraga, penyelenggaraan kegiatan event pertandingan keolahragaan, pusat pelatihan olahraga.

Kemudian mengatur tatanan masyarakat saat menggunakan transportasi, terminal/pelabuhan/bandar udara, lokasi daya tarik wisata, jasa perawatan kecantikan/rambut dan sejenisnya, jasa ekonomi kreatif, kegiatan keagamaan di rumah ibadah, penyelenggaraan event/pertemuan dan Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Kendati aktivitas sehari-hari dapat dilakukan kembali dengan menerapkan protokol kesehatan, Pergub AKB M2PA Covid-19 telah mengantisipasi penanganan bila ditemukannya kasus Covid-19 di tempat dan fasilitas umum.

Penanganan itu diatur dalam Pasal 22 yang menerangkan,  pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab yang menemukan adanya kasus Covid-19 langsung melakukan penanganan dan menghubungi petugas Dinkes setempat. (*/Yuk)