59 Puskesmas Di Sulut Raih Sertifikat Akreditasi Kemenkes Jakarta

Written by  Yayuk Wulur Jan 18, 2018

Manado, Sulutnews.com). Sebanyak 59 Puskesmas di Sulut meraih Penghargaan Sertifikasi Mutu Pelayanan Terbaik Bidang Kesehatan atau Akreditasi Tingkat Nasional dari Kementerian Kesehatan RI pada tahun 2017, kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Sulut, Dr. Lydia Tulus di Manado, Kamis (18/1).

Ke-59 Puskesmas tersebut tersebar di seluruh Kabupaten Kota Se-Sulut dan akan menerima sertifikat Akreditasi di daerahnya masing-masing pada akhir bulan Januari 2018 dari Kemenkes Jakarta.

Ia menjelaskan Akreditasi Puskesmas di Sulut dilakukan berdasarkan Kemenkes No.46 Tahun 2016 dan No 75 Tahun 2014. Bahwa setiap Puskesman harus memiliki standar pelayanan kesehatan dan mutu yang baik sesuai dengan kebutuhan dan tempat pelayanan kesehatan dimana Puskesmas itu berdiri di perkotaan ataukah di pedesaan. 

Penilaian Akreditasi Puskesmas dilakukan oleh Tim Komisi yang datang dari Kementrian Jakarta untuk menguji standar serta mutu pelayanannya, apakah asas kelayakan gedungnya, dokter, perawat, peralatan kesehatan sudah baik ataukah perlu ditingkatkan. Ada Tiga penilaian yakni 1.Upaya Pengembangan Puskesmas, 2.Managemen Puskesmas dan 3.Kesehatan Perorangan. Tim ini bertugas disamping menguji juga mengumpulkan data dan dokumen, kemudian sertifikat  Akreditasi akan diterbitkan sesuaai dengan standar klasifikasi, Dasar, Madya dan Paripurna.             

Menurut dr Lydia Tulus di Sulawesi Utara ada 192 Puskesmas Perkotaan Dan Pedesaan yang wajib melaksanakan uji Akreditasi namun baru 59 yang diberikan sertifikat itu. 

"Diharapkan hingga akhir tahun 2019 semua Puskesmas sudah terakreditasi." (*/Yy)  

Last modified on Tuesday, 20 March 2018 04:48