Gubernur : Pemprov Sulut Siapkan Rp 26 Miliar Beasiswa Luar Negeri

Written by  Fanny Waworundeng Aug 07, 2018

Manado, Sulutnews.com - Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan, pemda Sulut menyiapkan dana Rp 26 miliar untuk menyekolahkan sekitar 100 mahasiswa keluar negeri terutama disalah satu Universitas di Amerika Serikat hingga selesai studi  strata tiga (S3) atau Doktor. Hal itu dikatakan Gubernur Sulut kepada wartawan "Sulutnews.com" Selasa (07/08) di disela-sela acara pertemuan ilmiah sekitar 300 calon peneliti muda setingkat Siswa SMA dari 26 Negara.

Pertemuan ilmiah ini diikuti  Dosen dan Guru serta peneliti dari 26 Negara di Asia dan Eropa, dimana pertemuan akan berlangsung hingga 8 Agustus.

Gubernur menambahkan, pendidikan menjadi prioritas selain sektor lain. Karena itu, Pemda tidak tanggung-tanggung menyiapkan dana Rp 26 miliar. ini untuk memajukan pendidikan kedepan, tegasnya. 

Jadi mereka yang memenuhi syarat kita akan kirim studi di AS hingga doktor."Kita akan kontrak dengan salah satu Universitas terbaik di AS", kata Gubernur. Didampingi Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sulut dr.Greace Punu, S.Km dan Drs. Cres Sumampouw, M.Pd Kepala Bidang Pendidikan Menegah di Dinas Pendidikan Sulut mengatakan, saat ini banyak anak-anak lulusan SMA yang mampu. Namun terbatas dana. Mereka yang kita bantu", katanya.

Terkait pertemuan Ilmiah di Sulut yang diikuti 300 peserta dari 26 Negara, itu sangat baik karena sejak 2008 dilaksanakan di Indonesia Jakarta dan saat ini Sulut menjadi tuan rumah. Ini kebangaan, dan 20 dari 40 peserta Indonesia berasal dari Sulut. 

Sementara itu Prof. Johanes Surya yang menjadi pelaksana dari Jakarta menilai, pertemuan di Manado  ini sangat baik karena menyatukan para calon ilmuwan dibeberapa negara peserta. Ini akan bertukar pikiran mengenai, berbagai disiplin ilmu yang ada. Baik itu, matematikan, fisika, astronomi dan bidang lainnya. 

Kedepan diharapkan, akan menghasilkan ilmuwan yang berkualitas dan mampu menciptakan hal yang baru bagi bangsa dan daerah. Rektor Universitas Sam Ratulangi Manado Prof Dr. Ir Ellen Kumaat DEA, menilai pertemuan Ilmiah di Manado ini akan memberikan manfaat besar bagi kemajuan pendidikan di Sulut. Ia mengatakan, Unsrat membantu para siswa yang akan studi lanjut keluar negeri karena itu untuk memajukan pendidikan di Sulut kedepan.(/Fanny)