Foto : HUT Minahasa ke 591 Selasa 5 November Foto : HUT Minahasa ke 591 Selasa 5 November

Pemda Sulut Bantu Rp 20 Miliar Bersihkan Eceng Gondok Di Danau Tondano

Written by  Fanny Waworundeng Nov 05, 2019

Tondano, Sulutnews.com - Pemda Sulut akan bantu Rp 20 miliar tahun depan kepada Pemkab Minahasa untuk bersihkan eceng gondok di Danao Tondano.

Hal itu dikatakan Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat HUT Kabupaten Minahasa ke 591 Selasa 5 November di Wale Netou Tondano Minahasa. Hadir Wakil Gubernur Steven Kandouw dan Forkopinda dan mantan Bupati dan Wakil Bupati.

HUT dilakukan dalam sidang Paripurna DPRD dipimpin Ketua DPRD Minahasa Gledis Kandouw SE dihadiri Bupati Royke Roring Wakil Bupati Robby Dondokambey dan ribuan undangan.

Acara ditandai pemberian adat Tonaas Wangko Umbanua kepada Gubernur Olly oleh tokoh tokoh adat Minahasa.

Gubernur mengatakan Danau Tondano itu sangat penting karena sejak lama menjadi kebutuhan masyarakat Sulut yakni pembangkit listrik air bersih dan juga kebutuhan irigasi. Kalau terjadi pendangkalan berbahaya. Jadi kita akan bantu atasi eceng gondok nanti dibantu TNI.

Minahasa harus maju pendidikan dan kualitas SDM harus ungul. Kemudian kesehatan infrastruktur harus baik dan pelayanan lainnya. Pemerintah harus melayani.

Bupati Minahasa Royke Roring mengatakan pemda Minahasa secara makro membaik. Jadi kita berbangga dan itu berkat bantuan Gubernur dan kerja sama semua pihak termasuk TNI dan Polri yang aman. Untuk Danau Tondano terancam saat ini karena tingal 14 meter. Beberapa tahun lalu madih 30 an meter, Ia banga Pemda Sulut akan bantu.

Pelayanan kesehatan pendidikan dan juga sosial dan bantuan kepada yang miskin terus dilakukan.(/Fanny)

Last modified on Tuesday, 12 November 2019 09:33