Foto : Kadis Perhubungan Sulut Dra Linda Wantania MSi (Tengah duduk) saat foto brsama peserta Foto : Kadis Perhubungan Sulut Dra Linda Wantania MSi (Tengah duduk) saat foto brsama peserta

Gubernur Sulut : SDM Di Bidang Kelautan Harus Ditingkatkan

Written by  Fanny Waworundeng Oct 28, 2019

Manado, Sulutnews.com - Gubernur Sulut Olly Dondokambey minta kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang perhubungan  laut harus ditingkatkan, karena  Sulut 70 persen wilayah laut dan banyak warga mengunakan transportasi laut.

"Jadi harus berkualitas agar tidak terjadi kecelakaan dilaut kalau SDM petugas pelabuhan atau Syabandar berkualitas dan taat aturan,"Kata Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya yang dibacakan Kadis Perhubungan Sulut Dra Linda Wantania MSi saat membuka acara Diklat Kesahbandaran di Hotel Genio Manado Senin 28 Oktober 2019.

Acara diikuti 70 peserta dari 15 Kabupaten dan Kota. Direktur Balai Diklat Pelabuhan Di Minsel Sukri hadir bersama staf.

Menurut Gubernur sering terjadi kecelakaan dilaut dibeberapa daerah. Ini sering bingung siapa yang salah aparat pemda atau petugas pelabuhan. Ini harus kita bahas dan siapkan SDM. Kegiatan diklat ini penting karena untuk kebaikan dibidang perhubungan nanti.

Sukri Direktur Balai Diklat Kelautan di Minsel menambahkan SDM memang dibutuhkan kedepan. Karena tanpa SDM yang baik sulit kita membenahi pelayanan bidang trasportasi laut. Apalagi di Sulut banyak pulau transportasi laut dibutuhkan. Sering dipelabuhan ada aparat lalai. Kedepan kita harus taat aturan kalau kapal tidak laik berlayar jangan diijinkan berlayar. Kalau melebihi kapasitas jangan dipaksakan. kita ikut aturan saja. Balai diklat Kelautan sangat banyak siswa dari Kawasan Timur Indonesia. Animo cukup banyak karena dibutuhkan.(/Fanny)