Foto : Balai POM Sulut Sosialisasi Desa Pangan Aman di Hotel Peninsula Manado Kamis 24 Oktober 2019 Foto : Balai POM Sulut Sosialisasi Desa Pangan Aman di Hotel Peninsula Manado Kamis 24 Oktober 2019

Kepala Balai POM Sulut Dra Sandra Linthin Apt MKs. : Banyak Masyarakat Desa Tidak Mengerti Pangan Yang Sehat

Written by  Oct 24, 2019

Manado, Sulutnews.com - Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Sulut Dra Sandra Linthin Apt MKs. mengatakan saat ini banyak masyarakat desa yang belum mengerti mengenai pangan yang sehat. Hal ini penting untuk diselesaikan dengan memberikan sosialisasi dengan Lomba Desa Pangan Aman. Hal itu dikatakan oleh Kepala Balaj POM Sandra Linthin kepada wartawan usai acara Lomba Desa Pangan Aman Terintervensi Program Gerakan Keamanan Pangan Desa Kamis 24 Oktober di Peninsula Manado yang dihadiri 200 peserta dari Desa desa di Sulut.

Menurutnya saat ini sudah ada 25 Desa di 4 Kabupaten dan Kota. Desan Pangan Aman. Secara bertahap semua Desa Pangan Aman akan dilatih para Ibu Ibu PKK untuk sosialisasi pentingnya Aman Pangan. Kader pangan di desa dan kelurahan  baru 25 juga akan terus dilakukan.

Sandra mengatakan pihaknya sudah membantu lewat alat untuk mendeksi pangan di Desa. Setiap desa dan kelurahan harus itu mengawasi termasuk semua instansi terkait. Sandra menambahkan pihaknya optimis kalau pangan aman maka masyarakat yang mengkonsumsi akan aman dan sehat.

Program Desa Pangan Aman ini juga untuk mengatasi masalah  Stanting atau orang yang lahir kerdil. Di Sulut ada dua Kabupaten ada penyakit Stanting baik Bolsel dan Bolmut. Jadi kami sangat serius agar semua Desa bisa menjadi Desa Pangan Aman. Animo untuk menjadi Kader Pangan cukup banyak saat ini. Begitu juga menjadi Desa Pangan Aman.

Sejumlah Peserta mengatakan mereka harus dibantu dalam meneliti pangan di Desa. Peserta dari Minahasa ninta Balai POM membantu begitu juga dari Bolmong.(/Fanny)