Foto : Kadis Perkebunan Sulut Refly Ngantung tengah saat foto bersama pembicara dan peserta Foto : Kadis Perkebunan Sulut Refly Ngantung tengah saat foto bersama pembicara dan peserta

Kadis Perkebunan Ir Refly Ngantung:Produk Cengkeh Sulut Akan Meningkat Kedepan

Written by  Fanny Waworundeng Oct 15, 2019

Manado, Sulutnews.com - Kadis Perkebunan Sulut Ir Refly Ngantung mengatakan produk cengkeh Sulut kedepan akan meningkat, karena itu pihaknya akan mengenjot penanaman cengkeh pada lahan 62.000 hektare yang berada di 6 Kabupaten. Lahan ini menjadi wilayah pengembangan kawasan perkebunan cengkeh.

"Tahun depan mulai penanaman dan bibit cengkeh dari Pemda dan juga pupuk dan kebutuhan petani. Kita akan kembalikan kejayaan cengkeh Sulut yang cukup terkenal dimasa lalu."kata Kadis Perkebunan Sulut Ir Refly Ngantung kepada wartawan usai acara Sosialisasi Masterplan Pengembangan Kawasan Perkebunan Cengkeh di Hotel Granpuri Manado Selada 15 Oktober 2019.

Acara dihadiri pembicara dari Kementrian Pertanian Pakar Perkebunan serta peserta dari 15 Kabupaten dan Kota. Acara dibuka Asisten II Pemda Sulut Rudi Mokoginta SE MM mewakili Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw.

Meburut Ngantung 6 Kabupaten yang akan menjadi lokasi kawasan pengembangan tanaman cengkeh yakni Kabupaten Minahasa, Minut, Mitra, Minsel, Boltim dan Bolmobg.

Kalau ini berhasil maka akan meningkat produksi, yang saat ini turun sekitar 13.000 ton. Kedepan akan naik. Dan kualitas akan ditingkatkan.

Ngantung menambahkan pengembangan kedepan dengan cara korporasi. Artinya akan ada pembeli produk agar tidak rugi petani kedepan. Kalau saat ini petani rugi karena tidak tau menjual kemana, tapi kalau ada korporasi akan lebih baik.

Sementara itu Wagub Sulut Steven Kandouw dalam sambutanya yang di bacakan Asisten II Rudi Mokoginta menyambut baik acara Sosialisasi ini. Ini baik karena untuk meningkatkan produk cengkeh dan menguntubgkan petani.(/Fanny)