Foto : Asisten I Pemda Sulut Edison Humiang duduk ditengah saat Workshop PPKT Kamis 12 September di Aryaduta Hotel bersama peserta Foto : Asisten I Pemda Sulut Edison Humiang duduk ditengah saat Workshop PPKT Kamis 12 September di Aryaduta Hotel bersama peserta

Gubernur OD : Masyarakat Di Pulau Pulau Di Perbatasan Jangan Miskin

Written by  Fanny Waworundeng Sep 13, 2019

Manado, Sulutnews.com - Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE (OD) berharap jangan ada masyarakat di Pulau Pulau kecil di Perbatasan jangan ada yang miskin,  mereka harus sejahtra karena sebagai garda terdepan menjaga NKRI.

Hal itu disampaikan OD lewat Asisten I Pemda Sulut Edison Humiang saat acara Workshop Potensi Pulau Pulau Kecil Terluar (PPKT) di Arya Duta Hotel Kamis 12 September. Hadir Pemateri Ir Jemmy Gagola MSI Kepala Badan Perbatasan Sulut Ahli Kelautan Perikanan Prof Dr S Berhimpon MSc staf Ahli Gubernur Dino Gobel dan Kadis Pertanian Novli Wowiling.

Didepan peserta Humiang menilai saat ini kondisi di perbatasan terutama di PPKT masih minim sarana dan prasarana dasar baik bidang pendidikan kesehatan air bersih listrik dan BBM. Kedepan kita harus benahi termasuk kapal dan sarana pelabuhan dan telekomunikasi.

Jemmy Gagola mengatakan pihaknya dana terbatas dan sumberdaya manusia Ini harus menjadi perhatian. Tugasnya berat karena dipulau pulau yang banyak dihalangi ombak besar. Ini beresiko besar namun dana dan sarana kapal terbatas.

Meski demikian pihaknya tidak diam melainkan tetap bekerja sesuai tugas yang diberikan. Gagola menambahkan potensi maritim dan wisata serta hasil perikanan dan perkebunan juga harus digarap dengan baik agar bisa sejahtrakan rakyat banyak ada sekitar 18.000 lebih warga di pulau pulau kecil terluar.

Prof Berhimpon menilai daerah kepulauan banyak potensi besar, namun belum tergarap baik ikan dan pariwisata. Ini kalau dikelolah dengan baik rakyat pasti sejahtra. Hal yang sama dikatakan Dino Gobel potensil alam dan maritim di pulau pulau terluar sangat baik dan layay dijual menjadi obyek wisata. Tinggal dibenahi dan dipromosi lewat digital saat ini. Banyak wisatawan yang ingin kepulau pulau namun saat ini terbatas sarana dan prasarana. Gubernur Sulut OD sangat konsen membangun pariwisata dan pulau rertuar juga akan digarap."Jadi jangan pesimis daerah pulau pulau akan banyak dikunjungi wisatawan"Kata Gobel. Budaya lokal seperti Manee dan adat Tulude serta Festifal Danao Cinta di Pulau terluar di Sitaro. Sangihe dan Talaud itu modal dasar adat lokal yang bisa datangkan wisatawan. Peserta dari Daerah kepulauan baik Kadis Camat dan Kades serta pejabat lainnya.(/Fanny)

Last modified on Friday, 13 September 2019 09:26