Foto : Gubernur Sulut Oly Dondokambey dan Wakil Ketua DPRD Sulut Wenny Lumentut disela acara penanaman mangrove Foto : Gubernur Sulut Oly Dondokambey dan Wakil Ketua DPRD Sulut Wenny Lumentut disela acara penanaman mangrove

Peduli Lingkungan, Dondokambey Dan Lumentut Tanam Mangrove Di Meras

Written by  Josh Tinungki Jul 09, 2019

Manado, Sulutnews.Com - Gubernur Sulut Oly Dondokambey bersama Wakil Ketua DPRD Sulut Wenny Lumentut melakukan penanaman dikelurahan Meras Kecamatan Bunaken. Pada kegiatan yang digelar Selasa (9/7/2019) tersebut juga dihadiri Mentri Lingkungan Hidup dan kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar MSc tersebut dilakukan dalam upaya pemulihan Daerah Aliran Sungai sekaligus mitigasi perubahan iklim.

"Kita patut berterima kasih kepada OASE Kabinet Kerja yang telah mempercayakan Sulut sebagai tuan rumah pelaksanaan Program Gerakan Nasional Peduli Mangrove, Pemulihan DAS dan Kampung Hijau Sejahtera,” kata Olly.

Terkait kegiatan yang melibatkan sejumlah organisasi pencita lingkungn tersebut Wakil Ketua DPRD Sulut Wenny Lumentut mengatakan kegiatan penanaman mangrove perlu terus digalakan agar uoaya pemulihan DAS serta metigasi perubahan iklim bisa diminimalisir dan meruoakan tanggungjawab bersama."Saya mendukung rencana Pak Gubernur untuk menjadikan hutan mangrove menjadi salah satu tujuan pariwisata karena Sulut memiliki kekayaan di sektor kelautan dan pisisir,"kata Lumentut.

Saat menyampaikan sambutannya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar MSc mengatakan kegiatan penanaman mangrove, selain untuk pelestarian lingkungan tetapi juga bisa menjadi pendukung destinasi pariwisata, sehingga kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan atas uoaya Gubernur Olly Dondokambey dalam mengembangkan kawasan wisata di Sulawesi Utara.

“Saya mendukung rencana Pak Gubernur mengembangkan wisata hutan bakau di KEK Pariwisata Likupang,” kata Menteri Siti Nurbaya.

Penanaman mangrove juga dilaksanakan serentak di 12 Propinsi dimana Sulut menjadi tuan rumah pusat kegiatan yang bertujuan bagi kelangsungan ekosistem laut, khususnya bagi masyarajat yang berada di kawasan pesisir.(/Josh Tinungki)