Foto : Kadis Perindag Jenny Karouw tengah didampingi Kepala BI Manado Arbonas Hutabarat (kanan) Asisten II Rudi Mokoginta (keempat dari kiri) dam meninjau Pasar Swalayan Multimart Rabu 29 Mei 2019 menjelang hari Raya Idul Fitri. Foto : Kadis Perindag Jenny Karouw tengah didampingi Kepala BI Manado Arbonas Hutabarat (kanan) Asisten II Rudi Mokoginta (keempat dari kiri) dam meninjau Pasar Swalayan Multimart Rabu 29 Mei 2019 menjelang hari Raya Idul Fitri.

Jelang Idul Fitri Stok Sembako Cukup Harga Terjangkau

Written by  Fanny Waworundeng May 29, 2019

Manado, Sulutnews.com - Menjelang hari Raya Idul Fitri 5 -6 Juni 2019,  stok kebutuhan sembilan bahan pokok (Sembako) di Sulut cukup bahkan hinga satu bulan kedepan. Sementara harga juga stabil dan terjangkau. Masyarakat tak perlu kuatir dan resah karena stok dan  harga sembako tidak ada masalah.

Hal itu dikatakan Dra Jenny Karouw Msi Kepala Dinas Perindag Sulut didampingi Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Drs Wayong Rabu 29 Mei 2019 saat meninjau beberapa pasar tradisional dan pasar swalayan di Kota Manado menjelang hari Raya Idul Fitry.

Hadir juga  Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat serta Rudi Mokoginga SE MSi Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Sulut dan Dari BPOM dan Bambang dari Kementerian Perdagangan Pusat.

Menurut Jenny Karouw stok cukup karena memang sudah diantisipasi dengan menyiapkan sejak lama. Tetutama bawang putih beras dan kebutuhan lainnya, jadi tidak ada masalah mengenai stok. Harga juga stabil dan terjangkau, kalau ada yang menimbun dan menaikan harga akan ditindak.

Ia menambahkan bersama tim TPID Atau Tim Pengendali Inflasi Daerah terus memantau stok dan harga, cukup baik. Masyarakat tak perlu takut dan kuatir, terkait kemungkinan ada barang kadaluarsa pihaknya bersama Balai POM Sulut tetus pantau juga. Kalau ada kedapatan akan ditindak tegas Kawouw.

Kepala Bank Indonesia Cabang Sulut Arbonas Hutabarat menilai harga barang tidak ada masalah. Ada naik tapi masih wajar. Seperti cabe atau rica yang sebelumbya hinga Rp 100 ribu per kg saat ini turu  menjadi 65.000 per kg. Jadi masih wajar.

Asisten II Rudi Mokoginta menambahkan seluruh 15 Kabupaten dan Kota terus dijangkau dan hasil laporan stabil. Bambang dari Kementrian Perdagangan Pusat mengatakan mereka bersama tim turun ke Sulut dan hasil cukup baik tidak ada gejolak kenaikan harga sembako. Stabil di Sulut. Sulut memang  inflasinya cukup baik selama ini.

Pasar yang ditinjau Bersehati Pinasungkulan dan Multimart Swalayan. Sejumlah pedagang kepada Sulutnews mengatakan mereka menjual barang dengan harga terjangkau. Stok juga dari distributor cukup."Jadi kami tidak brani naikan harga barang karena stok banyak."Kata Ny Hasan pedagang di Pasar Bersehati. Hal yang sama dikatakan Bapak Bowo dari Multimart Manado. Stok barang banyak. Kalau kurabg kami tambah dari gudang di Maumbi.(/Fanny)