Sekprov Sulut Edwin Silangen : Sistim Pelayanan Perijinan Online Penting Untuk Kemajuan Daerah

Written by  Fanny Waworundeng Apr 15, 2019

Manado, Sulutnews.com - Sekprof Sulut Drs Edwin Silangen SE mengatakan sejak kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandow sudah menerapkan sistim pelayanan perijinan berusaha Online. Bahkan sampai Kabupaten dan Kota.

“Sistim ini penting untuk kecepatan pelayanan perijinan dan mengurangi kesalahan, dengan sistim ini maka akan cepat investor masuk urus ijin tanpa berbelit belit. Dan ini akan menunjang kemajuan daerah" Kata Sekprof Edwin Silangen saat membuka acara Workshop Pelayanan Perijinan Berusaha Sistim Digital Online di Hotel Swissbel Manado Senin 15 April 2019.

Acara dilaksanakan atas kerjasama Dinas Pelayanan Satu Atap Sulut dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Pusat. Hadir ratusan peserta dari pejabat terkait dan dari Kabupaten dan Kota se Sulut.

Menurut Sekprof sistim online ini memang sudah seharusnya dilakukan, kalau tidak akan tertingal dan akan merugikan kita. Karena pasti banyak dikeluhkan kalau masi manual.

Namun kata Sekprof bukan berarti sudah sempurna, dalam praktek selama ini sering ada temuan dilapangan karena oknum oknum tertentu. "Jadi sistim ini harus diwaspadai atau tetap diawasi masalah perijinan sistim Online"Kata Sekprof

Sementara itu Ade Priyaman Staf Widyaswara dari BKPM Pusat dalam acara tersebut mengatakan kegiatan ini penting dalam memajukan daerah. Sistim Digital Online sudah harus diterapkan didaerah daerah.

Kepala Dinas Pelayanan Satu Atap Sulut Dr Frangky Manumpil mengatakan penerapan sistim digital sudah terkoneksi antara pusat dan Provinsi serta Kabupaten dan Kota."Jadi sangat mudah mengurus ijin dan cepat dan mudah"Kata Manumpil. Selama di Sulut banyak pengusaha dan masyarakat mengurus ijin senang karena mudah dan cepat. Dia berharap dengan acara ini semua Kabupaten dan Kota yang hadir akan lebih mengerti dengan sistim digital. Semua kendalah atau masalah kita carikan solusi.(/Fanny)