Menkes Prof Dr Nila Moeloek Menilai Sulut Sangat Serius Dalam Pembangunan Kasehatan

Written by  Fanny Waworundeng Apr 09, 2019

Manado, Sulutnews.com - Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K) menilai Pemerintah Daerah Sulut sangat serius dalam pembangunan kesehatan terutama mengatasi gizi buruk, penyakit TBC, hipertensi dan stanting atau kerdil dan penyakit lainnya.

Hal itu dikatakan oleh Menkes Nila Moeloek kepada wartawan usai memberikan materi dalam Rakerda Dinas Kesehatan Sulut Selasa, 9 April 2019 di Hotel Gran Kawanua Manado.

Acara dibuka Wakil Gubernur Steven Kandow dihadiri Kadis Kesehatan Sulut dr Deby Kalalo, Ketua PKK Sulut Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan, Karo Kesra dr Kartika Kandouw-Tanos, Bupati dan Walikota serta ratusan Pejabat dan petugas Kesehatan dari 15 Kabupaten dan Kota di Sulut. Acara dilanjutkan dialog antara Menkes dan peserta Rakerda Kesehatan.

Menurut Menkes sektor Kesehatan memang menjadi penting dalam pembangunan.Karena tanpa masyarakat yang sehat sulit kita membangun daerah dan bangsa."Jadi kita jangan lalai melainkan harus serius membangun sektor kesehatan."Kata Menkes didampingi Kadis Kesehatan dr Debby Kalalo.

Menurut Menkes mengenai stanting atau masyarakat yang kerdil karena gisi buruk atau lingkungan yang kotor itu tahun 2017 masih tingi saat sudah turun, ini baik sekali dan harus terus ditingkatkan.

Terkait tenaga kesehatan yang dikeluhkan berbagai daerah itu menjadi perhatian, terutama diperbatasan atau kepulauan di Sulut. Begitu juga mengenai masalah pelayanan BPJS yang dinilai banyak keluhan"Saya minta BPJS di Sulut harus memperhatikan masalah ini. Memang lagi defisit namun harus cari solusinya.

Sementara Wagub Steven Kandouw mengatakan Pemda Sulut telah mengalokasikan dana  diatas 10 persen untuk sektor kesehatan, ditambah dana DAK sudah melebihi 20 persen"Jadi Pemda Sulut sangat konsen dalam pembangunan kesehatan"Kata Wagub.

Ia juga menambahkan masalah didaerah yakni pelayanan BPJS yang masih banyak kekurangan, kemudian ada penyakit hipertensi dan obesitas kegemukan serta  masalah dana DAK yang terlambat dari pusat sehinga penyerapan lambat.

Terkait sarana Rumah Sakit, Pemda akan bangun RS Daerah Sulut di Manado dan juga di Kota Bitung dan Kotamobagu."Kami optimis kalau itu tercapai akan lebih baik pelayanannya dibidang kesehatan"Kata Wagub.

Kadis Kesehatan dr Debby Kalalo mengatakan Rakerda Kesehatan tahun ini sangat penting, karena membahas berbagai persoalan kesehatan juga evaluasi kinerja dan membahas program kedepan. Dinas Kesehatan Sulut juga melakukan ini untuk mengkolaborasi dengan program di Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota."Jadi kita harus bersinegri dalam membangun sektor kesehatan"Kata  Kadis Kesehatan dr Debby Kalalo.

Dalam acara Menkes dan Wagub meninjau Stan pameran dari 15 Kabupaten dan Kota serta instansi lainnya.  Menkes juga meninjau RS Prof Kandouw.(/Fanny)