Foto : Gubernur Sulut Olly Dondokambey (kedua dari kiri) saat membuka Musrembang RKPD Sulut 2020 Selasa 2 April 2019 di Hotel Paninsula Manado Foto : Gubernur Sulut Olly Dondokambey (kedua dari kiri) saat membuka Musrembang RKPD Sulut 2020 Selasa 2 April 2019 di Hotel Paninsula Manado

Gubernur Sulut : Capaian Makro Ekonomi Sulut Cukup Baik

Written by  Fanny Waworundeng Apr 02, 2019

Manado, Sulutnews.com - Gubernur Sulut Olly Dondokambey menilai capaian indikator makro ekonomi Sulut tahun 2018 lalu sangat baik, Ini semua karena kerja keras dan kerja bersama semua pihak termasuk di Kabupaten dan Kota.

Hal itu dikatakan Gubernur Selasa 2 April di Hotel Paninsula dalam acara Musrembang RKPD Sulut 2020. Hadir sekitar 1.000 baik SKPD maupun Bupati dan Walikota dari 15 Kabupaten dan Kota serta tim ahli.

Menurut Gubernur kendati kita melewati banyak tantangan seperti kondisi ekonomi global dan turunnya beberapa harga kopra dan komoditi lainnya, tetapi makro ekonomi stabil dan cukup baik.

Untuk pertumbuhan ekonomi saja tahun lalu mencapai 6.01 persen. Kemiskinan turun menjadi 7,59 persen dan penganguran menjadi 6,68 persen. IPM kita menjadi 71,66 poin, Inflasi hanya 3.,36. Gini ratio 0,372 persen

Semua capaian ini saya apresiasi namun kedepan harus dipertahan terus dan ditingkatkan.  "Jadi harus ada kebersamaan kita semua dalam membangun Sulut kedepan "Kata Guberbur.

Musrembang RKPD saat ini dan kita harus prioritaskan beberapa program untuk kita laksanakan seperti pengentasan kemiskinan dan penganguran, Peningkatan pangan pemerataan infrastruktur perikanan dan kelautan. Kemudian sektor pertanian perkebunan kesehatan pendidikan dan lingkubgan hidup dan bidang lainnya.

Pemprov Sulut juga dalam pelayanan telah berbasis digital atau internet, jadi semua harus meningkatkan SDM karena sudah sangat mendesak menguasai Digital.

Dalam bagian  lain Gubernur menambahkan dalam Pra Musrembang lalu ada sekitat 1.376 usulan dari Kabupaten dan Kota yang masuk namun hanya 985 yang diterima oleh Pemprov Sulut. Usulan itu merupakan usulan program dari Kabupaten dan Kota.

Gubernur berharap semua program harus kita bahas dengan baik agar bisa mensejahtrakan rakyat banyak.

Dalam Musrembang hadir Kepala Badan Pengembangan SDM Kemendagri Drs Teguh Setyabudi MPD dan Ketua DPRD Sulut Andre Angow dan Kepala Bapeda Sulut Dr Recky Tumanduk MSi.(/Fanny)

Last modified on Wednesday, 03 April 2019 15:07