Bupati, Walikota Bakal Ditetapkan Oleh DPRD Provinsi

Written by  Josh Tinungki Jul 12, 2018

Manado, Sulutnews.com - Ketua Balegda DPRD Sulut Boy Tumiwa menjelaskan, Dewan Provinsi akan segera membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) terkait perubahan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan Tata tertib DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten Kota.

Terkai hal ini, kepada wartawan Tumiwa menjelaskan jika kewenangan DPRD Provinsi akan lebih besar, seperti yang dijelaskan dalam revisi PP, yang mengamanatkan ketika terjadi persoalan sehingga sisa masa jabatan lebih dari 18 bulan dan terjadi kekosongan maka akan dipilih oleh DPRD Sulut.

"Terjadi banyak perubahan dalam revisi PP 12, sebagaimana penjelasan pasal 23 ayat 2 DPRD Provinsi mempunyai tugas dan wewenang membentuk Perda terus kemudian memilih kepala daerah dan wakil kepala daerah atau kepala daerah dalam hal terjadi kekosongan jabatan untuk meneruskan sisa masa jabatan lebih dari 18 bulan, " jelas Tumiwa.

Juga kata politisi yang kembali mencalonkan diri sebagai Anggota DPRD Sulut ini, untuk mempercepat penyusunan Perda ini, Bapemperda akan membahas Ranperda tersebut agar selesai tepat waktu." Sudah ada rapat pertemuan bersama tim ahli guna mempersiapkan kajian akademis, sebagai tahapan untuk penyempurnaan Perda," jelas Tumiwa.

Terkait agenda di DPRD Sulut saat ini Komisi-komisi di DPRD Sulut sementara membahas laporan pertanggungjawabn Gubernur terkait realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Tahun 2017, yang pembahasannya melibatkan mitra kerja komisi dari seluru SKPD dilingkup Pemerintah Propinsi. (Josh Tinungki)