Hari Pertama Pendaftaran Calon Anggota DPD-RI Dapil Sulut

Written by  Josh Tinungki Jul 09, 2018

Manado, SulutNews.Com - Nouke Paat pengusaha sukses asal Minut resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon (Bacalon) Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, untuk Daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Sulawesi Utara di Komisi Pemilihan Umum (KPU)Sulut, Senin (09/07/2018).

Saat mendaftar Nouke yang diantar oleh tarian Kabasaran mengaku jika keinginan untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI didasarkan atas niat luhur untuk menjadi wakil rakyat Sulut yang berharap dapat berbicara lantang untuk menyuarahkan aspirasi rakyat dari timur Indonesia khususnya bicara soal budaya.

"Mendaftar sebagai calon DPD tidak hanya  sekedar ingin, tetapi bagaimana aspirasi rakyat Sulut yang selama ini dikekang dan kurang mendapatkan perhatian, dapat disuarahkan," ujar Nouke.  Juga kata dia meski DPD bukan lembaga pembuat Undang-undang seperti DPRD, namun sebenarnya DPD lebih bebas untuk mengeluarkan pendapat." Anggota DPD adalah calon perorangan yang tidak disusupi oleh kepentingan partai politik," ungkap Nouke.

Berkas pendaftaran diterima langsung oleh Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh, didampingi Komisioner KPU Sulut Meidy Tinangon dan Salman Saelangi, menerima langsung berkas pendaftaran yang diserahkan oleh Nouke Paat setelah mengisi formulir pendaftaran.

“Nouke Paat merupakan  pendaftar ke tiga dari lima bakal calon DPD-RI Dapil Provinsi Sulut yang memdaftar pada hari pertama,” ujar Komisioner KPU Sulut, Meidy Tinangon.

Sementara itu, terkait proses pendaftaran bakal calon anggota DPD RI, KPU hanya memberikan waktu tiga hari mulai tanggal 9, 10 dan 11 Juli 2018." Tidak ada penambahan hari, KPU hanya memberikan kesempatan tiga hari untuk mendaftar, setelahnya masuk difase ferivikasi data dan jika ada kesalahan maka calon akan diberikan kesempatan untuk melengkapi data," jelas Ardiles.

Untuk diketahui pendaftaran bacalon DPD-RI Dapil Provinsi Sulut, Hari pertama dan kedua mulai Pukul 08.00 Wita – 16.00 Wita dan hari terakhir mulai Pukul 08.00 Wita - 12.00 Wita. (josh Tinungki)

Last modified on Tuesday, 10 July 2018 12:22