Gagal Lelang, Proyek TPA Regional Ilo Ilo Terancam Batal

Written by  Josh Tinungki Mar 11, 2019

Manado, SulutNews.Com - Rencana Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara yang akan membangun mega proyek Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ilo - ilo berbandrol Rp 153 Milyar yang telah mendapat persetujuan DPRD SulutĀ  terancam gagal dibangun hal ini disebabkan proses lelang batal dilakukan.

Terkait hal ini Komisi III DPRD Sulut, Senin (11/03/2019) memanggil Dinas Pekerjaan Umum, Balai Prasarana dan Pemukiman serta Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BPPJK) Wilayah Sulawesi untuk menjelaskan, penyebab gagalnya proses lelang.

"Komisi III menggelar pertemuan guna meminta penjelasan soal gagal lelang pembangunan TPA ilo ilo sehingga dana APBN yang sudah dialokasikan akan ditarik kembali, dan ini merugikan Sulawesi Utara, jadi harus kita kejar.," ungkap Amir Liputo, Wakil Ketua Komisi III DPRD Sulut.

Juga dikatakan Liputo, kekuatiran gagal proyek TPA Ilo - ilo masih bisa diselamatkan karena ternyata pemerintah Pusat telah membentuk BalaiĀ  Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BPPJK) yang berfungsi sebagai balai yang menangani proyek TPA Ilo ilo. "Sudah ada balai baru dan proses lelang sudah melewati mereka," ungkap Liputo sambil menjelaskan jika, sejumlah perusahaan yang mengikuti proses lelang tahun 2018 lalu dianggap tidak memenuhi syarat. "Kita akan mengejar dana pembangunan TPA Ilo-ilo agar tidak mubazir atau tidak kembali ke pusat, karena kalau dana tersebut kembali ke pusat kita yang rugi, sementara TPA Sumompo tidak mampu lagi menampung sampah," jelas Liputo.

Sebagaimana rencana TPA Ilo-ilo akan dibangun di Desa Wori, Kabupaten Minahasa Utara dan akan digunakan juga oleh pemerintah Kota Manado. (/Josh Tinungki)