Foto : James Tuuk Foto : James Tuuk

Tuuk Tegaskan WPR Tidak Bisa Ditutup

Written by  Josh Tinungki Mar 03, 2019

Manado, SulutNews.Com - Anggota DPRD Sulut James Tuuk menegaskan Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) tidak bisa ditutup, ini disampaikan Tuuk menjawab rencana pemerintah yang akan melakukan penertiban pasca peristiwa tertimbunya sejumlah penambang diwilayah Kabupaten Bolaang Mongondouw akibat tanah longsor.

Foto : Lokasi Tambang Bolaang Mongondow

Kepada wartawan Tuuk menegaskan pemerintah dan DPR harus memberikan ruang bagi WPR dan itu nenjadi tanggungjawab Pemerintah dan DPRD Kabupaten Kota."Pemerintah harus membuat regulasi dengan memberi ruang bagi WPR, tanpa harus melakukan penutupan tambang, karena sebagian masyarakat di Bolaang Mongondow bahkan dari luar menggantungkan hidupnya lewat kegiatan pertambangan," ungkap Tuuk. Juga kata dia, Peristiwa tanah longsor yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa, tidak akan pernah menjadikan masyarakat berhenti melaksanakan aktifitas penambangan, dan langkah penertiban di lapangan justru akan menimbulkan polemik ditengah masyarakat, sehingga jalan terbaik, wilayah pertambangan rakyat harus diberikan ruang. "WPR dimungkinkan karena dijamin oleh Undang undang," ungkap Tuuk.

Sebagaimana diketahui, peristiwa tanah longsor yang menyebabkan puluhan penambang terjebak didalam tanah, adalah lokasi ilegal dan tanpa ijin, dan sampai saat ini uoaya evakuasi masih terus dilakuman. (Josh Tinungki)

Last modified on Sunday, 03 March 2019 14:54