Pasca Bencana Gunung Karangetang, Kampung Batu Bulan Masih Terisolir

Written by  Josh Tinungki Feb 26, 2019

Perbaikan Infrastruktur Mendesak

Manado, SulutNews.Com - Kampung Batu Bulan di Kecamatan Siau Barat Kabupaten Sitaro, pasca bencana letusan gunung Karangetang sampai saat ini masih belum bisa dilewati oleh kendaraan baik roda empat maupun roda dua. Sebagaimana pemjelasan Audy Wongkar Anggota DPRD Sulut asala daerah oemilihan Kabipaten Sitaro, upaya pemulihan Infrastruktur jalan dan jembatan yang rusak akibat semburan lawa gunung, belum dilakukan dan ini mendesak mengingat sangat dibutuhkan guna menunjang aktifitas warga agar kembali berjalan normal sebagaimana biasa.

"Bantuan bukan lagi dalam bentuk makanan dan pakaian tetapi pemulihan infrastruktur sangat mendesak," kata Wongkar usai berkunjung ke lokasi bencana.

Personil Komisi II DPRD Sulut yang membidangi Ekonomi dan Keuangan ini juga mengatakan, langkah relokasi yang sempat disampaikan pemerintah bagi masyarakat yang terkena bencana, bukanlah solusi karena kultur masyarakat yang sudah turun temurun mendiami kampung tersebut tidak mungkin menerima. "Yang dibutuhkan saat ini adalah bagaimana upaya memulihkan kondisi infrastruktur oasca bencana yang saat ini terkesan belum ada tanda tanda dimulai," tegas Wongkar.

Menurutnya proses pendinginan dan pengerukan larfa panas bekas letusan gunung Karangetang harus segera dilakukan karena masyarakat sangat membutuhkan agar aktifitas mereja daoat nirmal kembali seperti biasa. (/Josh Tinungki)