Foto : Fersinand Mewengkang Foto : Fersinand Mewengkang

Belajar Soal Tapal Batas Wilayah Komisi I Deprov Sulut Bakal Kunjungi Entikong

Written by  Josh Tinungki Feb 07, 2019

Manado, SulutNews.com - Masih belum tuntasnya persoalan wilayah perbatasan Kabupaten dan Kota di Sulawesi Utara, menjadikan Pimpinan dan Anggota Komisi I DPRD Sulut, berencana akan mengunjungi Entikong Kalimantan Barat.

Terkait rencana tersebut Ketua Komisi I DPRD Sulut Ferdinand Mewengkang menjelaskan, dipilihnya Entikong karena wilayah tersebut adalah wilayah perbatasan daratan antara Indonesia dengan Malasiya, sehingga diperlukan kiat seperti apa karena wilayah tersebut  sampai hari ini tidak bermasalah. " Mekanisme dan peran pihak terkait dalam proses penetapan kesepakatan perlu kita adopsi, apalagi karakter wilayah perbatasan tersebut sama seperti kita yakni daratan meskipun mereka statusnya adalah antar negara," ungkap Mewengkang.

Foto : Pos Perbatasan Ri - Malasiya antara Entikong Kalimantan Barat dan Serawak

Juga kata dia, selain mengunjungi langsung wilayah perbatasan di Entikong, komisi I juga akan langsung menindaklanjuti persoalan tapal batas wilayah di kementrian dijakarta agar persoalan tapal batas wilayah Kabuoaten di Sulut yang sampai hari ini belum tuntas segera mendpatkan penyelesaian."DPRD akan berupaya agar target tahun 2019 ini, seluruh tapal batas wilayah perbatasan Kabupaten dan Kota di Sulut yang masih berproses akan segera tuntas." Penetapan wilayah perbatasan yang masih berproses ditargetkan 2019 selesai dan ditetapkan, "pungkas Mewengkang.

Terkait rencana kunjungan kerja Komisi I tersebut, Sekertaris DPRD Sulut Bartholomeus 'Jus' Mononutu, melalui Kepala Bagian Persidangan Ronny Geruh menjelaskan, nanti akan digelar pada 12 Februari 2019, Selasa pekan depan. (/Josh Tinungki)