Komisi 1 DPRD Sulut Kuliti Mitra Kerja

Written by  Josh Tinungki Jan 28, 2019

Manado, SulutNews.Com - Ketua Komisi I DPRD Sulut Ferdinand Mewengkang mengatakan, guna melaksanakan fungsi pengawasan yang menjadi kewenangan DPRD, maka pihaknya menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan mitra kerja komisi.

Pada RDP yang digelar Senin, (28/1/2019), Komisi yang membidangi Hukum dan Pemerintahan ini, meminta penjelasan realisasi program dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dimana terungkap dari 1 507 Desa di Sulut dan 80 kelurahan , anggaran sebesar Rp 5 Miliar yang dialokasikan pada thn 2018,, terealisasi sebesar 4 persen.

"Anggaran dinas sebaiknya dapat direalisasikan 100 persen, jika terjadi penghematan ini patut dipertanyakan, karena dinas bukan perusahaan swasta yang mencari keuntungan, sehingga jika terjadi penghematan akan dapat apresiasi, tapi kalau kantor dinas pemerintah lebih banyak pada pelayanan publik yang intinya untuk mensejahtrakan masyarakat, ' kata Sako.

Juga disampaikan anggota Komisi Netty Agnes Pantouw yang berharap agar dinas dapat mengoptimalkan, setiap pelaksanaan program agar pada tahun 2019 realisasinya  bisa mencapai 100 persen. " DPRD sulut berharap pihak dinas dapat efektif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat lewat program yang sudah ditetapkan, sehingga penyerapan anggaran bisa dicapai sesuai target," kata Pantouw.

RDP antara Komisi 1  dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Inspektorat, Biro Hukum, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil pemerintah Propinsi, dilaksanakan untuk mengetahui realisasi orogram anggaran tahun 2018.(/Josh Tinungki)