Christiany Eugenia Paruntu (CEP) Christiany Eugenia Paruntu (CEP)

Tren Positif CEP Meningkat, Buntut Pjs Bupati Copot Hukum Tua di Minsel

Written by  Oct 18, 2020

Sulut, SulutNews.com -- Pejabat sementara (Pjs) Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Meiki Onibala, beberapa waktu lalu melakukan langkah yang tidak populer dengan melakukan pergantian sejumlah Pejabat Hukum Tua pada Senin, 12 Oktober 2020 lalu.

Kebijakan tersebut telah menjadi perbincangan hangat, sekaligus menuai kritikan baik dari kalangan masyarakat maupun tokoh-tokoh penting.

Adanya kelalaian mulai dari proses dan mekanisme dalam mengangkat Pejabat Hukum Tua pun menjadi perhatian.

"Dalam tata caranya pejabat Hukum Tua harus lewat proses penelusuran, jika sampai lolos, berarti hanya ada dua; disengaja atau tidak disengaja. Karena tidak terungkap kasusnya, berarti ada kelalaian," jelas Josef Kairupan, pengamat Politik Sulawesi Utara (Sulut), Minggu (18/10/2020).

Disisi lain, akibat kebijakan Politik mengangkat Hukum Tua ini, menyebabkan dukungan ke Christiany Eugenia Paruntu (CEP) sebagai Bupati definitif yang maju bertarung di Pilkada Sulut meningkat.

Ini terlihat dengan merapatnya sejumlah tokoh dan simpatisan PDIP dari sejumlah tempat di Kabupaten Minsel, yang merasa terganggu dengan adanya pergantian tersebut.

"Sejumlah tokoh dan simpatisan PDIP telah bertemu dengan saya dan menyatakan diri merapat dan menyatakan sikap siap memenangkan pasangan Michaela Elsiana Paruntu-Ventje Tuela (MEP-VT) untuk Bupati Minsel dan Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-Sehan) untuk Gubernur Sulut," kata Ventje Tuela.

Ia pun menginformasikan bahwa yang terbaru, tokoh dan politisi berpengaruh di Kecamatan Tatapaan, yang pernah menjabat Wakil Ketua DPC PDIP Minsel, mantan anggota DPRD Minsel dan pernah menjabat Kadis Pendidikan Minsel, Johny Lamia telah memastikan dukungan dan siap berjuang untuk kemenangan MEP-VT dan CEP-Sehan.

(TamuraWatung)

Last modified on Sunday, 18 October 2020 09:49