Urus Sertifikat Tanah di Tolak Oknum Lurah, Warga Bitung Sambangi DPRD Minsel

Written by  Ferro Waney Mar 06, 2018

Minsel, Sulutnews.com - Puluhan Warga Kelurahan Bitung Kecamatan Amurang mendatangi DPRD Kabuputen Minahasa Selatan. Kedatangan warga tersebut terkait Pembuatan Sertifikat Tanah yang tidak dilayani pihak pemerintah Kelurahan Bitung yakni Lurah Bitung.

Adapun warga tersebut di sambut langsung oleh Komisi I DPRD Kabupaten Minahasa Selatan, yang diwakili oleh Wakil Ketua Komisi I Verke Pomantow bersama Jerie Pangkey, Robby Sangkoy dan Jan Lamia, Senin (5/3).

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Minahasa Selatan Verke Pomantow mengatakan bahwa kedatangan warga Kelurahan Bitung, terkait dengan pengurusan sertifikat tanah yang ditolak oleh pihak Kelurahan Bitung dengan alasan status tanah. 

"Jadi sini warga Kelurahan Bitung mengadu bahwa pengurusan sertifikat tanah yang ada di lingkungan 6 dan 7 ditolak oleh pihak Kelurahan dengan alasan bahwa tanah tersebut milik pemerintah sebagai lahan sebagai jalur hijau. Padahal tanah tersebut sudah diduduki selama 50 tahun." jelas Pomantow.

Dari keterangan warga juga, dimana indikasi ada beberapa warga yang mengurus pembuatan sertifikat tanah diterima pihak kelurahan dan bahkan sudah ada yang memiliki sertifikat tanah.

Untuk itu, kami akan melakukan hearing kepada pihak Kecamatan Amurang, Kelurahan Bitung bersama warga serta dinas terkait, agar permasalahan ini bisa teratasi. 

"Karena yang saya tahu, sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Minahasa Selatan bahwa tanah tersebut tidak masuk jalur hujau. Untuk itu kami mendukung sepenuhnya tanah tersebut menjadi hak milik dari warga yang ada di Kelurahan Bitung Kecamatan Amurang khsusnya di lingkungan 6 dan 7." tukas Pomantow.

 Sementara itu salah seorang warga Bitung mengatakan sangat berharap agar DPRD Kabupaten Minahasa Selatan dapat memberikan solusi tetang permasalahan, karena menyangkut kehidupan kami selanjutnya.

"Kami berharap ada kejelasan serta solusi yang boleh diberikan pihak DPRD Minsel untuk kami warga Kelurahan Bitung Khususnya Lingkungan 6 dan 7. Dimana kami merasa sangat dirugikan pihak Kelurahan Bitung, apalagi ini menyangkut tanah yang sudah sekian tahun kami duduki, lantas akhirnya bukan menjadi hak kami." tutupnya. (ferrowaney)