Foto: Pimpinan Bawaslu Boltim Kordiv Hubal dan Humas, Soesanto Mamonto Foto: Pimpinan Bawaslu Boltim Kordiv Hubal dan Humas, Soesanto Mamonto

Bawaslu Boltim Berikan Penguatan Untuk Hadapi Pilkada 2020

Written by  Rifki Palengkahu Jul 13, 2020

Boltim, Sulutnews.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengunjungi 3 Kecamatan untuk memberikan penguatan dalam menghadapi pilkada 2020.Masing-masing, Kecamatan Modayag Barat, Modayag, dan Mooat. Ketiganya, dihadiri lengkap oleh tiap Panwaslu Kelurahan Desa (PKD). Senin (13/07)

Pimpinan Bawaslu Boltim, Kordiv Hubal dan Humas, Soesanto Mamonto mengatakan, saat ini sudah akan masuk pada tahapan pemutakhiran daftar pemilih untuk pilkada 2020.

"Kami bertiga Pimpinan Bawaslu Boltim, turun di tiap kecamatan untuk memberikan penguatan, terhadap pengawasan, sampai pada cara penindakan di tahapan pemutakhiran daftar pemilih," ungkap Susanto

Koordinator Hukum Penindakan Pelanggaran Dan Penyelesaian Sengketa (Kordiv HP3S) Bawaslu Boltim Hariyanto menambahkan, hal tersebut perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahan saat akan melakukan pengawasan sampai pada mekanisme penindakan.

"Sifatnya penguatan, agar jika ada indikasi kesalahan ataupun pelanggaran saat melakukan pengawasan pada pemutakhiran pemilih, PKD tidak salah dalam menanganinya," ujar Haryanto.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Boltim, Harmoko Mando mengungkapkan, besok Selasa, 14 Juli 2020, akan dilanjutkan dengan 4 Kecamatan di bagian pesisir.

"Untuk besok, penguatannya di Kecamatan Kotabunan, Tutuyan, Motongkad dan Nuangan. Karena mengingat hari Kamis itu tahapan pemutakhiran daftar pemilih sudah akan dimulai," pungkas Harmoko.

Diketahui, penguatan pengawasan hari pertama diikuti oleh 34 PKD di 3 kecamatan. Untuk hari kedua, juga akan melibatkan 47 PKD di 4 Kecamatan yakni Kotabunan, Tutuyan, Motongkad dan Nuangan. (Iki)