Foto: Pelatihan yang di gelar dispar Boltim Foto: Pelatihan yang di gelar dispar Boltim

Dispar Boltim Gelar Pelatihan

Written by  Jun 24, 2020

Boltim, Sulutnews.com - Pelatihan pemandu wisata selam, digelar Dinas Parawisata  (Dispar) Kabuten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tepat di salah-satu penginapan di desa Tombolikat Induk kecamatan Tutuyan, pada Rabu (24/06).

Kepala Dinas Pariwisata Boltim Rizky Lamaluta mengungkapkan dilakukannya pelatihan pemandu wisata selam ini, untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi para peserta

"Kita persiapkan SDM, supaya kedepan nanti kita sudah mempunyai pemandu parawisata yang memang sudah siap," ungkap Lamaluta.

Lanjutnya juga, untuk anggaran sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik dana pelayanan kepariwisataan tahun 2020, katanya, yakni open water, advanced open water dan rescue.

"Dari sejumlah kegiatan anggaranya dari DAK. Instrukturnya dari Manado, lisensi Professional Association of Diving (PADI)," jelasnya.

Lanjutnya, para peserta pelatihan berjumlah 20 orang, dengan adanya pelatihan, kita upayakan memberdayakan SDM diantarnya pada spot daiving di Boltim. Ini dilakukan rutin setiap tahun. Dipersiapkan, yang kemudian mereka bakal menjadi pemandu wisata.

"Kita targetkan 10 hari untuk pelatihan kepada peserta secara teori dan prakter. Usai pelatihan secara teori selanjutnya, prakteknya akan dilakukan dikolam renang, kemudian di pantai. Juga kualits mereka ditingkatkan. Selama pelatihan berlangsung, tujuannya untuk bagaimana pengenalan alat pernapasan dalam air. Usai pelatihan nantinya mereka mendapatkan sertifikat" ujarnya

Ia menambahkan, kedepan kita berharap para peserta yang ikut latihan ini sampai ketingkat diving master. Meskipun memang ada tingkatakln yang harus dilalui.

"Kita upayakan hingga ke jenjang dive master. Dan itu harapan kita kedepan nanti," tutupnya.(Iki)